sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Tips Penting yang Tak Boleh Diabaikan agar Bunda Cepat Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 04 Jan 2020 08:50 WIB
Salah satunya menikmati hubungan seks bersama suami, agar tidak stres akibat terlalu ingin hamil. Hal itu buat Ayah & Bunda saat hubungan intim jadi terbebani. caption
Jakarta - Hubungan Seks yang menyenangkan merupakan faktor penting untuk mendapatkan kehamilan. Itu sebabnya jangan sampai stres ya, Bun, kalau sedang 'ehem' sama Ayah.

Mary Jane Minkin, M.D, profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Yale Medical School mengatakan, ketika pasangan memutuskan untuk melakukan program hamil hubungan seks bisa berubah jadi buruk. Mereka butuh waktu untuk menikmati kembali seks.


"Ini tentu dapat membuat kehidupan seks menjadi lebih tegang dan benar-benar terpusat pada memiliki anak semata. Sehingga umumnya akan mengecewakan,"ujar Minkin seperti dikutip dari laman Self.


Untuk itu, Minkin mengingatkan bahwa kehamilan memang membutuhkan waktu. Jadi, jangan berharap hamil di bulan pertama percobaan. Bahkan ketika Bunda dan pasangan dalam kesehatan sempurna sekalipun.

"Dalam satu bulan percobaan, hanya 20 persen pasangan sehat yang berhubungan seks sekitar masa ovulasi yang akan hamil. Setelah enam bulan, sekitar 50 persen akan hamil dan setelah satu tahun sekitar 80 persen akan mengandung. Jika Bunda dan pasangan sehat dan berusia di bawah 35 tahun dan telah mencoba kurang dari setahun, lakukan yang terbaik untuk bersantai dan bicarakan dengan dokter apa yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan hamil," kata Minkin.

4 Tips Penting yang Tak Boleh Diabaikan agar Bunda Cepat Hamil4 tips penting agar cepat hamil/Foto: iStock

Minkin juga merekomendasikan untuk tidak melakukan hubungan seks dalam jumlah tertentu untuk mempercepat kehamilan. Sebaiknya, hubungan seks dapat dilakukan setiap hari dan dapat ditingkatkan lebih saat masa subur, Bun.

Melansir Mother and Baby, beberapa upaya yang harus dilakukan agar Bunda cepat hamil. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Mengonsumsi suplemen asam folat sebelum hamil perlu dilakukan sejak perencanaan kehamilan, Bun. Hal ini untuk membantu memastikan fungsi otak yang sehat pada bayi di masa depan.

2. Nikmati kehidupan seks bersama pasangan. Pastikan Bunda menikmati momen demi momen bersama pasangan, dengan melewatkan seks tanpa beban sebelum disibukkan dengan kehadiran anak-anak.

3. Berhentilah terobsesi kehamilan. Artinya, jika Bunda tak kunjung hamil dalam beberapa bulan pertama, jangan langsung panik, Bun. Ada 90 persen pasangan hamil dalam satu tahun. Jadi, cobalah untuk tidak menjadi obsesif sejak hari pertama mencoba untuk hamil dan tetaplah berusaha.


4. Seks teratur juga sangat dianjurkan untuk Bunda yang ingin cepat hamil. Bunda pun dapat memanfaatkan waktu terbaik untuk hamil, yakni dua hari sebelum berovulasi.

Semoga membantu, Bun!

Bunda juga bisa simak tips cepat hamil ala dr. Reisa dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi