sign up SIGN UP search


kehamilan

Kondisi Terkini Istri Ahok, Puput Usai Melahirkan Caesar

Annisa Karnesyia Senin, 06 Jan 2020 17:00 WIB
Puput Nastiti Devi baru melahirkan putra pertamanya dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melalui operasi caesar. Begini kondisi terbaru Puput usai melahirkan. caption
Jakarta - Anak pasangan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Puput Nastiti Devi baru saja lahir pada hari ini, Senin (6/1/2020) pukul 08.50 WIB. Bayi yang berjenis kelamin laki-laki ini diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama.

Berbagai ucapan selamat dan doa mengalir dari sahabat dekat Ahok. Salah satunya mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga Anggota DPR RI Fraksi PDIP Djarot Syaiful Hidayat.


Dari foto yang diterima detikcom, tampak Djarot menjenguk Puput yang tengah terbaring di kasur rumah sakit. Djarot yang berdiri di sebelah Ahok juga didampingi Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dan anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Ima Mahdiah.


Dijelaskan Djarot, Puput melahirkan secara caesar di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat. Kondisi ibu dan anak ini sehat.

"Ya tadi sudah lahir ya putranya Pak Ahok dan Puput pukul 8.50 WIB, dilakukan operasi caesar. Lahir dengan berat 3,66 kg, panjangnya 51-52 cm dan ibunya dalam kondisi sehat, bayinya juga dalam keadaan sehat," ujar Djarot.

Djarot juga mengatakan jika Ahok dan Puput tampak bahagia. Menurutnya, hidung putra Ahok itu mirip dengan ibunya.

"Wah sangat bahagia. Bangga banget. Hidungnya kayak mamanya. Kita turut berbahagia juga," sambungnya.

Ahok bersama Djarot dan PrasetioAhok bersama Djarot dan Prasetio/ Foto: Saat Djarot, Edi, dan Ahok Melihat Putra Ahok (dok. Istimewa)

Selain itu, banyak ucapan mengalir mendoakan putra dan istri Ahok, Bun. Tentunya ucapan ini bisa menjadi dukungan ya.

Dukungan memang dibutuhkan usai melahirkan. Terutama untuk mencegah depresi postpartum.

Kata bidan Laili Romdina Amd., masa postpartum rentan jika tidak disikapi dengan baik. Ini merupakan waktu setelah bersalin sampai 40 hari.

"Dia biasanya ngalamin yang namanya lagi cape, ada bayi baru, apalagi awam, enggak tahu perawatan bayi baru lahir, terus ditambah ada omongan orang, kok ASI-nya sedikit, atau apa, emosinya kan jadi meningkat, makanya ada namanya depresi, baby blues," kata Laili.


Untuk mencegahnya, Laili menyarankan agar orang tua siap secara fisik dan mental sebelum berencana hamil. Selain itu belajar parenting dan dukungan keluarga.

Mengutip Healthy Families BC, bagi banyak orang tua, sumber utama dukungan adalah pasangan mereka. Namun, penting untuk memiliki lebih dari satu orang untuk membantu.

Bahkan bagi orang tua baru, dukungan akan sangat penting untuk dua fokus. Fokus pertama untuk perawatan kesehatan, dan yang lain untuk kebutuhan pribadi seperti dukungan emosional.

Simak juga cerita dr.Reisa tentangoperasicaesar yang dijalaninya, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi