kehamilan

Ibu Hamil Mimpi Keguguran, Saran Dokter Tak Perlu Khawatir

Asri Ediyati Selasa, 14 Jan 2020 12:01 WIB
Ibu Hamil Mimpi Keguguran, Saran Dokter Tak Perlu Khawatir
Jakarta - Mimpi saat hamil sebagian besar disebabkan karena perubahan hormon. Perubahan yang fluktuatif tersebut membuat emosi ibu hamil bergejolak. Mimpi saat hamil bisa bervariasi, dari yang indah hingga yang paling buruk. Salah satu mimpi buruk yang dialami ibu hamil adalah keguguran.

Ternyata mimpi tersebut wajar, Bunda. Jadi, selama trimester ketiga, mimpi ibu hamil akan sering menunjukkan kekhawatiran untuk bertahan hidup bagi Bunda atau bayi. Dikutip dari Baby Centre, banyak wanita bermimpi buruk tentang keguguran, kerabat yang telah meninggal dunia, kematian dan bahkan pembunuhan.


"Mimpi-mimpi ini bisa sangat mengganggu, tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mereka bisa menandakan perasaan Anda rentan, cemas atau takut akan hal yang tidak diketahui saat Anda mendekati salah satu peristiwa besar dalam hidup Anda," tulis Baby Centre.


Bermimpi tentang kematian atau keguguran sering menandakan sesuatu dalam hidup berakhir atau berubah. Jadi, sementara alam bawah sadar Bunda mungkin khawatir tentang akhir kehidupan lama Bunda. Cobalah untuk bersukacita di awal kehidupan baru Bunda sebagai orang tua.

Menurut studi yang dilakukan pada 2016, mimpi buruk biasanya dipicu oleh emosi. Ini bisa berupa ketakutan atau kecemasan tentang persalinan dan kelahiran, atau sesuatu terjadi pada bayi.

Kemudian Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH menulis, mimpi buruk tentang keguguran bisa terjadi karena Bunda mengalami keguguran di masa lalu. Mimpi tentang hilang atau terperangkap juga biasa terjadi selama kehamilan.


"Mimpi-mimpi jenis ini adalah hal yang normal, tetapi tidak kalah menyedihkan dan menyusahkan," kata Nwadike dikutip dari Healthline.

Bila Bunda mengalami mimpi buruk dan merasa cemas, jangan lupa ungkapkan hal ini pada pasangan, orang tua, atau keluarga. Ingat, mimpi hanyalah mimpi ya, Bunda.

Simak juga tips tidur yang nyaman saat traveling:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi