sign up SIGN UP search


kehamilan

Arti Mimpi Keguguran Pertanda Buruk? Simak Cara Menyikapinya Menurut Islam

Haikal Luthfi Senin, 31 May 2021 19:05 WIB
There's nothing better than a lie in. Woman sleeping in bed. caption
Jakarta -

Hampir semua orang pernah mengalami mimpi buruk, Bunda. Tidak terkecuali pada ibu hamil, terdapat juga kemungkinan mengalami mimpi buruk selama kehamilan.

Ketika tidur yang diwarnai dengan mimpi buruk tentunya bisa sangat melelahkan. Apalagi ketika Bunda sedang hamil. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh BMC Pregnancy and Childbirth pada tahun 2016, ditemukan bahwa wanita hamil lebih sering mengalami mimpi buruk ketimbang dengan wanita yang tidak hamil.

Selama kehamilan, khususnya pada saat trimester ketiga, biasanya akan mengalami periode stres yang meningkat. Hal ini memungkinkan peningkatan stres bagi wanita hamil, serta penyebab mengapa mimpi buruk lebih sering terjadi selama kehamilan.


Secara rinci, mengutip Parenting First Cry, terdapat beberapa penyebab terjadinya mimpi buruk pada ibu hamil antara lain:

Banner Ibunda Celine Hamil Kembar

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon dapat membuat Bunda mengalami mimpi buruk. Hal Ini mungkin terjadi karena hormon yang disebut kortisol kadar hormonnya mulai meningkat saat hamil dan mungkin mencapai puncaknya saat persalinan.

Hormon khusus ini mungkin bertanggung jawab untuk memicu bagian otak yang mungkin membuat Bunda melihat gambar aneh atau menakutkan saat tidur.

2. Kecemasan

Sangat normal bagi wanita hamil untuk merasa cemas. Ada begitu banyak alasan untuk menjadi stres selama kehamilan. Misalnya saja perasaan prihatin tentang kesehatan dan kesejahteraan bayi, proses persalinan, dan kesehatan Bunda sendiri.

Stres atau kecemasan tidak akan membantu. Masalah kecemasan dapat mempengaruhi tidur dan mengakibatkan gangguan tidur. Ini dapat menyebabkan pikiran dan emosi negatif, yang dapat berujung pada mimpi buruk.

3. Masalah Tidur

Jika Bunda menghadapi masalah tidur selama kehamilan, kemungkinan besar akan mengalami mimpi buruk. Terjadinya masalah tidur disebabkan oleh perubahan hormon, peningkatan berat badan, tekanan pada daerah perut.

Semua masalah ini dapat meningkatkan peluang Bunda untuk bangun di malam hari dan dengan demikian dapat menyebabkan masalah tidur. Oleh karena itu, Bunda mungkin memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengalami mimpi buruk pada trimester kedua kehamilan.

Ya, mimpi hamil tidak semuanya berlangsung dengan baik, terkadang Bunda akan mengalami mimpi buruk. Misalnya saja mimpi mengalami keguguran. Menurut Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, kondisi ini terjadi karena Bunda pernah mengalami keguguran di masa lalu. Mimpi tentang hilang atau terperangkap juga biasa terjadi selama kehamilan.

Scared woman hiding under blanket. Afraid of the dark. Unable to sleep after nightmare or bad dream. Awake in the middle of the night in bedroom at home.  Monster under the bed or in closet.Ilustrasi mimpi buruk/ Foto: iStock

"Mimpi-mimpi jenis ini adalah hal yang normal, tetapi tidak kalah menyedihkan dan menyusahkan," kata Nwadike dikutip dari Healthline.

Mimpi keguguran dalam pandangan Islam

Berdasarkan kitab Muntakhabul Kalam fi Tafsiril Ahlam, Imam Ibnu Sirin, mengenai tafsir mimpi keguguran, baik yang mimpi itu pria yang bermimpi mengenai istrinya yang keguguran, ataupun wanita itu sendiri, Bunda, yang mengalami mimpi keguguran. Ini dijelaskan sebagaimana berikut:

من رأى أنه سقط فإنه لا يتم له ما يريده من أمر هو قاصده وكذلك المرأة

"Lelaki yang bermimpi bahwa terdapat seseorang yang mengalami keguguran itu dia tidak akan tercapai apa yang sedang diinginkannya. Ini pun berlaku untuk perempuan."

Hal itu menjelaskan bahwa mimpi keguguran tidak hanya berkaitan dengan kandungan wanita itu saja. Ternyata mimpi ini pun bisa menimpa siapa saja, termasuk wanita yang tidak hamil. Umumnya, orang yang bermimpi keguguran akan terhambat meraih cita-cita yang sedang mereka tuju.

Melansir laman Dream Astro Meanings, mimpi keguguran bisa melambangkan kegagalan dalam beberapa rencana atau tujuan yang dimiliki. Mereka adalah pertanda buruk untuk permulaan baru yang biasanya ditakdirkan untuk tidak berhasil.

Arti mimpi keguguran biasanya melambangkan tantangan, rintangan, dan hal-hal yang berbelok ke arah yang salah. Kehilangan seseorang atau sesuatu yang penting dalam hidup. Mereka sering mengungkapkan perasaan kecewa atau sedih karena kehilangan kesempatan atau gagal mencapai beberapa tujuan penting, Bunda.

Meski demikian, dalam Islam sudah barang tentu untuk tidak berlarut-larut dalam menyikapi kegagalan. Islam mengajarkan untuk berikhtiar atau berusaha dengan sungguh-sungguh, Bunda.

Disebutkan dalam Al Qur'an surat Ar-Rad ayat 11, Allah SWT berfirman:

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٌ مِّنۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِۦ يَحْفَظُونَهُۥ مِنْ أَمْرِ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ ۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوْمٍ سُوٓءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥ ۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

Artinya:

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri" (QS. ar-Rad: 11).

(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi