Sign Up search


kehamilan

Bentuk Payudara Membesar Jadi Tanda Awal Kehamilan

Siti Hafadzoh Senin, 27 Jan 2020 19:26 WIB
Bentuk Payudara Membesar Jadi Tanda Awal Kehamilan caption
Jakarta - Bunda, pernah enggak sih merasa ukuran payudara yang lebih besar dari sebelumnya? Coba ingat-ingat kapan terakhir menstruasi, Bun. Siapa tahu, membesarnya ukuran payudara menjadi tanda kalau Bunda sedang hamil muda.

Ketika hamil, bentuk payudara mengalami perubahan seiring berkembangnya janin di dalam kandungan. Ukuran payudara jadi membesar karena beberapa perubahan dalam tubuh.


Selama trimester pertama, volume darah dalam tubuh mulai meningkat untuk kebutuhan perkembangan janin. Dilansir Healthline, ini bisa menyebabkan pembuluh darah di payudara menjadi membesar, lebih biru, dan lebih terlihat.


Pembesaran pembuluh darah berlanjut dan ukuran payudara semakin membesar. Payudara juga akan terasa lebih lembut dan membengkak. Meskipun gejala ini sering hilang dalam beberapa minggu pertama kehamilan, karena tubuh menyesuaikan diri terhadap perubahan hormon.

Meningkatnya kadar hormon menandakan kelenjar payudara siap untuk tumbuh dan memproduksi ASI. Bunda juga mungkin akan menambah berat badan selama kehamilan. Semua ini dapat menyebabkan payudara terlihat membesar.

Bentuk Payudara Membesar Jadi Tanda Awal KehamilanIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

"Pertumbuhan payudara bervariasi antara satu wanita dengan wanita lain. Sehingga, sulit untuk dinormalisasi," kata Leah Millheiser, M.D., seorang dokter kandungan dikutip dari Self.

Beberapa wanita tidak mengalami perubahan besar pada ukuran payudaranya selama kehamilan, Bun. Tapi, menurut dokter, ukuran payudara pasiennya tumbuh selama hamil sekitar satu cup.


"Ada beberapa wanita yang bahkan tidak melihat perubahan besar dalam ukuran payudara selama kehamilan mereka," kata Millheiser.

Jadi, perubahan besar payudara tidak sama antara satu ibu hamil dengan ibu hamil lainnya ya, Bun. Tapi, payudara sudah pasti mengalami perubahan ukuran ketika hamil untuk mempersiapkan menyusui bayi nanti.

Bunda, ikuti style baju kerja untuk ibu hamil berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi