sign up SIGN UP search

kehamilan

Benarkah Jenis Kelamin Bayi Dapat Dilihat dari Kondisi Kulit Wajah Ibu Hamil?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 16 Jan 2023 22:10 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Wajah caption
Jakarta -

Jenis kelamin bayi dalam kandungan disebut bisa diketahui dengan melihat perubahan pada kulit saat hamil. Katanya, kondisi kulit wajah ibu hamil atau bumil yang berubah dapat memprediksi jenis kelamin bayi. Benar enggak ya, Bunda?

Perubahan kulit dapat terjadi saat hamil karena pengaruh hormon. Kulit wajah Bunda bisa berjerawat dan kusam atau malah menjadi glowing saat hamil.

"Beberapa perubahan kulit saat hamil disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang terjadi selama kehamilan. Tetapi, sebagian besar ahli tidak yakin dengan penyebab pastinya," demikian penjelasan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dalam laman resminya.


Jenis kelamin bayi dan kulit wajah bumil

Beberapa orang percaya bahwa perubahan kulit wajah menjadi berminyak dan kusam dapat berarti hamil bayi perempuan. Sedangkan, pregnancy glowing sering dikaitkan dengan ciri hamil anak laki-laki.

Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan teori tersebut ya, Bunda. Perubahan produksi minyak selama kehamilan mungkin berhubungan dengan perubahan hormonal, peningkatan aliran darah, atau pola makan.

"Sering kali, kulit bercahaya dikaitkan dengan bayi laki-laki, tetapi lebih mungkin terkait dengan peningkatan aliran dan volume darah yang terjadi pada setiap kehamilan," kata Kameelah Phillips MD, IBCLC, seorang dokter obgyn di Calla Women's Health di New York dikutip dari laman Parents.

Kondisi kulit wajah yang berjerawat saat hamil juga tidak dapat memprediksi jenis kelamin bayi. Begitu pun bila muncul bercak hitam pada kulit di sekitar wajah dan leher ya, Bunda.

"Jika Anda mengembangkan bercak-bercak hitam di wajah Anda, Anda bisa mengalami melasma, atau topeng kehamilan. Kondisi kulit ini memengaruhi hingga setengah dari wanita hamil," kata dr. Gretchen Frieling, seorang dokter kulit bersertifikat dan ibu dari dua anak kecil di Boston Area, dilansir Romper.

Jenis kelamin bayi dalam kandungan tidak bisa dilihat hanya dari kondisi kulit wajah Bunda selama hamil. Jenis kelamin hanya bisa terdeteksi melalui pemeriksaan USG dan tes kromosom, Bunda.

Simak penjelasan lengkap tentang manfaat USG untuk melihat jenis kelamin janin dalam kandungan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 tanda hamil anak laki-laki menurut mitos Jawa, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA MENDETEKSI JENIS KELAMIN BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!