sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri Hamil dari Kulit Wajah, Kenapa Bumil Terlihat Glowing atau Malah Jadi Kusam?

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 25 Jul 2022 09:55 WIB
Pregnant woman splashing face with water above bathroom sink caption
Jakarta -

Dari sekian banyak tanda hamil, salah satu yang unik yakni melihat ciri hamil berdasarkan wajah Bunda. Beberapa wanita mungkin akan menunjukkan tampilan wajah yang berbeda ketika hamil. Namun perubahan tersebut lebih kepada kulitnya.

Ada yang terlihat wajahnya lebih glowing alias mulus dan cerah, tapi ada juga yang menjadi kusam dengan banyak noda hitam di wajah maupun bagian tubuh lainnya. Namun, perubahan ini umumnya bersifat sementara.

Kulit merupakan organ hidup yang akan berubah selama hamil, ketika bayi sedang tumbuh dan berkembang. Menurut American Pregnancy Assosiation, melasma, dan chloasma umumnya terjadi pada bumil. Kondisi tersebut disebut dengan mask of pregnancy.


Melasma membuat wajah bumil berbintik-bintik hitam. Bagian yang sering berbintik ini antara lain dahi dan pipi. Itu semua akibat meningkatnya pigmentasi yang disebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon. Hampir 50 persen bumil menunjukkan beberapa tanda mask of pregnancy.

Perubahan kulit ini pada bumil ini akan memudar setelah bayi lahir. Kondisi kulit tersebut juga tidak menyebabkan kanker atau berubah menjadi kanker. Tapi, ada kanker kulit yang terlihat mirip dengan melasma, jadi jika bumil mencurigai sesuatu yang lebih dari melasma, temui dokter kulit untuk diagnosis pasti.

Untuk mencegah mask of pregnancy, bumil harus rajin memakai tabir surya. Setidaknya SPF 30 setiap kali bumil berencana untuk keluar. 

Bumil juga bisa memakai topi untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Karena ketika hamil, kulit Bunda sangat sensitif, dan paparan sinar matahari meningkatkan peluang munculnya bintik-bintik gelap di wajah.

Perubahan raut wajah saat hamil

Berikut beberapa perubahan di wajah bumil dilansir berbagai sumber:

Natural beauty. Healthy skin. Dermatology hygiene. Cheerful smiling woman touching healthy fresh face on light defocused bathroom at morning.Foto: Getty Images/iStockphoto/golubovy

1. Wajah glowing saat hamil

Kulit bumil bisa saja terlihat kusam, namun tak sedikit juga yang makin glowing Bunda. Dilansir Flo Health, wajah bumil yang bercahaya itu terlihat pipi kemerahan yang memberi tampilan yang bercahaya dan sedikit memerah. 

Saat hamil, tubuh menghasilkan 50 persen lebih banyak darah sehingga lebih banyak sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Peningkatan aliran darah berarti lebih banyak darah di pembuluh darah yang membuat banyak wanita tampak memerah. Bumil mungkin juga memperhatikan bahwa area di tubuh dengan kulit yang lebih tipis, seperti dada dan payudara, juga tampak memerah.

Tak hanya itu, Bun. Tubuh bumil juga memproduksi cukup banyak hormon yang menyebabkan kelenjar minyak bekerja secara berlebihan, membuat wajah berkilau alias glowing. Kedua hal ini dapat menghasilkan pregnancy glow. 

Jika bumil merasa terganggu dengan minyak yang berlebihan, dapat menggunakan pembersih bebas minyak untuk membersihkan wajah. 

Perubahan kulit pada bumil lainnya, klik halaman berikutnya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang ciri hamil dilihat dari perubahan kulit.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
WAJAH GLOWING BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!