sign up SIGN UP search


kehamilan

8 Tanda Bunda Hamil 2 Bulan, Ini yang Terjadi Pada Tubuh Bunda dan Janin

Meita Fajriana Selasa, 28 Sep 2021 07:06 WIB
Ilustrasi hamil muda atau trimester 1 caption

Jakarta - Saat kehamilan berusia dua bulan, sudah sejauh mana ya perkembangan Si Kecil di dalam kandungan? Pada usia kehamilan 2 bulan atau 8 minggu, Bunda hamil biasanya masih mengalami morning sickness nih.

Melansir dari laman Family Education, pada saat memasuki bulan kedua, atau minggu keenam sampai sepuluh kehamilan, bayi Bunda akan semakin baik perkembangan embrioniknya dan matang menjadi janin. Tubuh Bunda juga berubah dengan cepat. Bunda akan mulai merasa hamil sekarang, mulai dari merasakan mual hingga bentuk perut yang mulai sedikit terlihat membesar. 

Masa-masa hamil 2 bulan adalah tantangan awal menjadi ibu. Bunda akan merasakan hormon kehamilan mulai memengaruhi perasaan hati. Tubuh juga mulai merasa kelelahan dan hanya ingin terus berbaring sepanjang hari. Belum lagi kondisi fisik tubuh Bunda yang berubah membuatnya terasa pegal-pegal yang membuat Bunda tak nyaman. 


"Hamil 2 bulan penuh tantangan. Anda mungkin merasa sakit sepanjang waktu, Anda bisa menjadi rewel dan mudah tersinggung, dan terkadang tidak ada yang tampak semenarik berbaring di bawah selimut tempat tidur Anda," kata Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH dokter kandungan yang berbasis di New York, Amerika dikutip dari laman Healthline.

young woman who makes a heart shape by hands on her stomach.Ilustrasi perubahan tubuh saat hamil 2 bulan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks

Namun jangan khawatir ya Bunda, kondisi ini juga akan berlalu, dan Bunda segera akan kembali makan apa pun yang diinginkan tanpa harus merasa mual dan muntah. Bunda juga akan bisa beradaptasi dengan kondisi fisik yang berubah dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman sembari menutrisi janin yang ada di dalam perut Bunda.

Di usia kehamilan dua bulan, Bunda mungkin sedang merasakan morning sickness hebat. Mual dan muntah bisa sangat memengaruhi aktivitas harian Bunda jika tidak segera diatasi. 

Dalam kondisi ini, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai obat pencegah mula yang boleh atau aman dikonsumsi, agar tak mengganggu nutrisi Bunda dan Si Kecil.

Namun, ada juga Bunda yang tak merasakan mual di awal kehamilannya. Sehingga tak menyadari sedang dalam kondisi hamil dua bulan. Nah, simak yuk tanda-tanda hamil dua bulan di halaman selanjutnya!

Tanda hamil dua bulan juga bisa Bunda simak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA HAMIL 2 BULAN DAN KONDISI JANIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!