sign up SIGN UP search


kehamilan

Usia Kehamilan 2 Bulan, Masa saat Organ Internal Janin Berkembang Pesat

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 27 Jul 2022 18:02 WIB
hamil 2 bulan caption
Jakarta -

Kehamilan 2 bulan disebut sebagai masa vital, Bunda. Sebab pada usia inilah gejala pasti hamil semakin nyata. Jika pada usia kehamilan minggu awal mungkin Bunda masih ada kekhawatiran terkecoh dengan gejala menstruasi, pada usia ini Si Kecil sudah semakin berkembang di dalam rahim. 
 
Mengutip dari Plannedparenthood, gejala kehamilan sering menjadi sangat terlihat saat usia kehamilan 2 bulan. Ketidaknyamanan umum seperti nyeri payudara, merasa sangat lelah, buang air kecil lebih sering, mulas, mual, dan muntah biasanya bertambah parah. Tubuh Bunda menghasilkan darah ekstra selama kehamilan, dan jantung Bunda berdetak lebih cepat dan lebih keras dari biasanya untuk membawa darah ekstra.
 
Lantas apa saja serbi kehamilan 2 bulan yang semestinya Bunda pahami? Yuk kita lanjutkan.

Kondisi janin di usia kehamilan 2 minggu

Bagaimana perkembangan janin di usia 2 bulan? Yuk ketahui perubahan di setiap bagian tubuhnya:

1. Panjang badan 

Melansir Babycentre, Si Kecil akan tumbuh pesat pada bulan kedua ini, Bunda. Dari sekitar 1,6 cm (0,6 inci) pada 8 minggu, menjadi 5,4 cm (2,1 inci) dari kepala hingga bawah pada akhir 12 minggu.


2. Wajah

Wajahnya akan mulai terlihat lebih manusiawi saat mata, rahang, dan telinganya berkembang dan bergerak ke tempatnya. Hidungnya terbentuk, bersama dengan kemampuannya untuk mencium.

3. Tangan dan kaki

Lengannya tumbuh lebih panjang dan dia memiliki jari-jari berselaput yang berbeda dan akan segera membelah. Kaki dan jari kaki Si Kecil akan segera tumbuh dan berkembang juga. Dari sekitar 10 minggu, plasenta akan mulai memberikan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan Si Kecil.

4. Organ vital

Janin mulai mengembangkan sebagian besar bagian tubuh dan organ vitalnya, dan Bunda seharusnya dapat mendengar detak jantung pada USG prenatal. Bunda mungkin juga mulai memperhatikan beberapa  gejala kehamilan yang semakin kuat. Seperti mual dan keengganan makanan, selama waktu ini.
 
Satu hal lagi, Bunda mungkin belum bisa merasakan pergerakan Si Kecil ya untuk sementara waktu. Namun sesungguhnya Si Kecil sudah bergerak, meregangkan dan menendang anggota tubuhnya yang baru. Perkembangan yang cukup menakjubkan ya, Bunda. 
 
Sementara menurut Healthgrades, pada kehamilan 2 bulan, rahim Bunda berbentuk seperti telur, dan mulai terbentuk plasenta di bagian dalam dinding rahim. Meskipun masih terlalu dini untuk melihat benjolan janin pada tahap ini, namun bisa dipastikan Bunda sudah tidak akan mengalami menstruasi sebagai penanda Bunda memang benar-benar sedang hamil 2 bulan ya. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang perkembangan janin saat hamil 2 bulan.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERKEMBANGAN DAN PERGERAKAN JANIN 2 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!