Sign Up search


kehamilan

Tanda-tanda Kehamilan Kosong yang Sebaiknya Bunda Pelajari

Siti Hafadzoh Kamis, 27 Feb 2020 06:00 WIB
Tanda-tanda Kehamilan Kosong yang Sebaiknya Bunda Pelajari caption
Jakarta - Bunda pernah mendengar istilah hamil anggur? Hamil anggur adalah sebutan lain dari hamil kosong atau blighted ovum.

Pada kondisi hamil kosong, sel telur yang dibuahi menempel di rahim tapi tidak berkembang menjadi embrio. Tidak ada janin yang tumbuh di dalam kantung embrio.


Dilansir Healthline, meski tidak ada embrio, plasenta masih menghasilkan hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini berhubungan dengan gejala kehamilan seperti mual dan payudara sakit.


Karena hal tersebut, wanita yang hamil kosong tetap merasakan gejala mual. Selain itu, tes kehamilan juga mengecek kadar hCG. Sehingga, ketika hamil kosong, hasil tesnya akan tetap positif.

Hamil kosong tidak akan berkembang menjadi normal, Bun. Kondisi ini akan menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran.

Hamil kosong mungkin akan memiliki gejala yang sama dengan kondisiĀ kehamilan pada umumnya. Misalnya, tes kehamilan positif, payudara nyeri, dan tidak menstruasi.

Tanda-Tanda Kehamilan Kosong yang Sebaiknya Bunda PelajariIlustrasi ibu hamil/ Foto: Istock

Namun, ketika hamil kosong, Bunda akan mengalami tanda-tanda yang mirip dengan keguguran. Tanda-tanda tersebut adalah pendarahan, kram perut yang hebat, dan hilangnya nyeri payudara.

Kondisi hamil kosong dapat didiagnosis oleh dokter melalui USG. Dokter akan mengonfirmasi hamil kosong lewat USG yang ditandai dengan kantung kehamilan yang kosong.

Dalam kasus awal kehamilan dokter akan menyarankan untuk menunggu seminggu. Kemudian akan dilakukan USG berulang untuk memastikan bahwa tidak ada embrio yang terbentuk.

Menurut dokter kandungan, Octavia Cannon, D.O., Bunda sebaiknya tidak perlu khawatir ketika mengalami hamil kosong di kehamilan pertama. Begitu pula dengan hamil kosong di kehamilan selanjutnya setelah melahirkan anak yang sehat.

"Sering kali, seorang pasien memiliki kehamilan normal dan kemudian mengalami hamil kosong," kata Canon dikutip dari Parents.

Bunda perlu khawatir ketika mengalami hamil kosong secara berturut-turut. Wanita yang mengalami ini perlu memeriksakan kondisinya lebih lanjut.


"Jika itu terjadi lebih dari satu kali secara berurutan, saya meminta pasien untuk tes tambahan guna menemukan alasan keguguran berulang," kata Canon.

Nah, karena tanda-tanda hamil kosong mirip dengan kehamilan pada umumnya, jangan lupa untuk rutin periksa ke dokter kandungan ya, Bun. Ini untuk memastikan apakah ada janin di dalam kantung embrio.

Bunda juga bisa simak ciri kehamilan dilihat dari kondisi kulit berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi