sign up SIGN UP search

kehamilan

5 Efek Positif Mendengarkan Musik Bagi Ibu Hamil dan Janin

Siti Hafadzoh Jumat, 17 Apr 2020 07:03 WIB
Beautiful pregnant woman enjoys listening  music at her home. caption
Jakarta - Bunda mungkin pernah dengar bahwa mendengar musik baik bagi ibu hamil. Apa ya manfaatnya bagi ibu dan bayi?

Beberapa peneliti telah mempelajari tentang hubungan antara musik dengan bayi di dalam kandungan. Salah satu penelitian menunjukkan, bayi di dalam kandungan yang diperdengarkan musik menunjukkan peningkatan mental, sensorik, perilaku, psikologis, dan emosional.


Menurut peneliti Institute Marques di Barcelona, musik klasik menunjukkan tingkat reaksi paling tinggi, yaitu sekitar 84 persen. Ini lebih tinggi dibandingkan genre musik lain seperti pop, rock, dan tradisional.


Mereka berpendapat bahwa musik dapat mendorong stimulasi neurologis. Stimulasi ini mengaktifkan area otak yang berhubungan dengan bahasa dan komunikasi.

"Musik adalah bentuk komunikasi leluhur antara manusia, komunikasi melalui suara," kata Dr Marisa Lopez-Teijon, direktur Institut Marques dikutip dari Telegraph.

Nah, agar lebih jelas berikut ini 5 penjelasan efek positif mendengarkan musik bagi ibu hamil dan janin.

1. Meningkatkan refleks bayi

Ketika ibu hamil mendengarkan musik, bayi yang ada di dalam kandungan dapat mendengar getarannya. Bayi di dalam kandungan juga mungkin akan bergerak sesuai irama musik. Ini akan meningkatkan refleks dan reaksi bayi.

5 Efek Positif Mendengarkan Musik Bagi Ibu Hamil dan JaninIlustrasi ibu hamil mendengarkan musik/ Foto: thinskstock

2. Meningkatkan indra pendengaran

Mengutip Mom Junction, ketika mendengarkan musik dengan headphone, ini akan secara signifikan meningkatkan konsentrasi dan indra pendengaran bayi. Bayi di dalam kandungan akan berusaha berkonsentrasi pada suara.

3. Membentuk kepribadian bayi

Beberapa orang percaya bahwa musik yang didengarkan ibu hamil akan berpengaruh pada kepribadian bayinya. Kalau bunda mendengarkan musik yang tenang dan halus, bayi akan memiliki pribadi yang tenang.

4. Menenangkan bayi

Banyak peneliti percaya bahwa bayi di dalam kandungan dapat mengingat musik dan suara yang mereka dengar. Jadi, ketika bayi sudah lahir, Bunda bisa menenangkannya menggunakan musik yang sama ketika ia masih ada di dalam kandungan.


5. Meringankan stres pada ibu

Dilansir Firstcry Parenting, musik dapat menenangkan dan membuat rileks ketika Bunda stres atau cemas. Ini tentunya sangat efektif untuk mengatasi stres selama kehamilan.

Lihat juga cerita Nuri 'Shaden' yang ingin jalani program hamil meski sudah punya dua anak berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!