sign up SIGN UP search


kehamilan

Alasan Mengapa Ibu Hamil Sering Membenci Makanan Tertentu

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 21 Apr 2020 07:00 WIB
beauty pregnant woman smile and think something at home caption
Jakarta - Perubahan selama kehamilan ternyata tidak hanya pada fisik semata, Bun. Berbagai hal termasuk kesukaan makanan pun ikut berimbas.

Mungkin, sebagian Bunda juga merasakannya ketika hamil jadi merasa membenci beberapa makanan tertentu. Padahal, biasanya ketika tidak hamil, makanan tersebut tak bermasalah Bunda konsumsi.


"Biasanya, sekira 50 persen ibu hamil akan mengalami keengganan mengonsumsi dari beberapa jenis makanan selama kehamilan mereka," ujar Kecia Gaither, M.D, seorang obgyn di NY, seperti dikutip dari laman Parents.


Melansir Whattoexpect, biasanya permasalahan ini akan muncul pada akhir trimester pertama, memuncak dan mengintensifkan selama trimester kedua, dan kemudian mulai mereda di trimester akhir.

Alasan Mengapa Ibu Hamil Sering Membenci Makanan TertentuPenyebab ibu hamil benci makanan tertentu/ Foto: iStock

Pada waktu yang sama, banyak ibu hamil juga mengalami setidaknya satu kali kesal melihat suatu makanan, atau rasa jijik yang baru karena memikirkan camilan yang sebelumnya dinikmati.

Beberapa faktor biasanya menjadi pemicu hal ini selama kehamilan, Bun. Salah satunya yakni hormon kehamilan yang ikut berperan terutama di awal kehamilan.


Selain itu, indra penciuman yang sensitif selama kehamilan juga dapat memicu rasa tidak suka itu muncul. Bunda mungkin akan merasakan bahwa penciuman sangatlah sensitif atau umumnya rusak. Sehingga, jangan heran ketika memakan sesuatu kerap terasa menjijikkan, karena mulut Bunda terlalu peka terhadap rasa tertentu.

Nah, itu tadi beberapa alasan yang menjadi pemicunya, Bun. Jadi, tidak perlu khawatir menghadapinya ya, mengingat hal tersebut sangatlah normal sepanjang kehamilan.

Semoga sehat selalu hingga persalinan, Bun!

Bunda, simak juga yuk tanda-tanda hamil dari perubahan kulit seperti penjelasan di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi