sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Mengatasi Rasa Cemas Jelang Melahirkan di Tengah Pandemi Corona

Asri Ediyati Jumat, 08 May 2020 07:00 WIB
Asian pregnant woman sleeping
on the sofa caption
Jakarta - Ketika mendekati hari H melahirkan, rasa cemas mungkin muncul begitu saja. Bunda mengalaminya? Tenang, rasa cemas dan takut ini umum dialami setiap ibu yang akan melahirkan.

Untuk mengatasinya, menurut Franka Cadée, Presiden International Confederation of Midwives, Bunda dan keluarga perlu memiliki rencana untuk kelahiran. Ini dapat membantu meringankan perasaan cemas dengan memberi Bunda lebih banyak rasa kontrol.


Di tengah pandemi Corona ini, Cadee menyarankan ibu hamil untuk tahu siapa yang harus dihubungi saat persalinan dimulai, siapa yang akan memberikan dukungan selama persalinan dan di mana.


"Tetapkan batasan apa yang akan berlaku untuk kelahiran di rumah sakit sehubungan dengan orang-orang yang mendukung dan anggota keluarga," saran Cadee dikutip dari laman resmi UNICEF, (6/5/2020).

Dia juga merekomendasikan melakukan hal-hal sederhana di rumah untuk bersantai. "Seperti latihan (peregangan), latihan pernapasan dan menelepon bidan jika perlu," sambungnya.

Berfokuslah untuk merawat diri sendiri sebanyak mungkin. "Makan dengan baik, minum dengan baik, letakkan tanganmu di perutmu dan nikmati kehamilan," kata Cadee.

Kemudian, penting untuk ibu hamil yang merasa takut dan cemas untuk menjalani terapi kognitif. Sebuah studi yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa wanita dengan rasa takut yang intens akan persalinan yang menjalani terapi kognitif (bicara) memiliki persalinan yang lebih pendek dan normal.
ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

"Jika seorang wanita merasa bahwa ketakutannya mengambil alih aspek-aspek lain dari hidupnya, seperti hubungan intimnya, saya biasanya menyarankan agar dia menemui seorang terapis," kata Margaret Plumbo, C.N.M, seorang bidan di Health East Clinic di Woodbury, Minnesota, dikutip dari Parents.

Jangan ragu memberi tahu dokter atau bidan bahwa Bunda takut melahirkan. Membicarakannya bisa membantu, dan dokter atau bidan mungkin punya ide tentang cara mengurangi kecemasan Bunda.

Terakhir, Bunda bisa minta temani doula. "Doula atau bidan Anda memahami Anda dan akan tetap bersama Anda selama persalinan," kata Bonnie B. Matheson, mantan doula dan pendiri Childbirth Solutions LLC.


Simak juga fakta dan data Corona yang perlu Bunda tahu:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi