sign up SIGN UP search


kehamilan

Manfaat dan Cara Penggunaan Korset Perut Setelah Melahirkan

Ajeng Selasa, 12 May 2020 11:47 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in public place. Trieste, Italy, Europe caption
Jakarta - Korset pascapersalinan atau belly wraps kini kembali populer digunakan oleh ibu setelah melahirkan. Disebutkan penggunaan korset ini bisa mempercepat penurunan berat badan.

"Penggunaan korset ini sudah mulai banyak dilakukan. Beberapa studi menyebutkan ada manfaat di balik penggunaan korset, selama cara penggunaannya benar," ungkap dokter spesialis kandungan Heather Bartos, MD, dikutip dari Parents.


Benda ini bekerja dengan memberikan kompresi ringan yang 'membungkus' dan mendukung otot perut. Kondisi ini terutama karena otot perut belum sepenuhnya bisa mengencang setelah proses kehamilan.


Menurut Bartos, selain melatih otot perut, ini juga dapat membantu proses penyelarasan tulang belakang, rahim, dan otot kembali seperti semula.

Khusus bagi Bunda yang menjalani operasi caesar, korset dengan bahan yang lembut disebutkan oleh jurnal Obstetrics & Gynecology dapat membantu mengurangi rasa sakit sesudahnya.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui. (Foto: iStock)

Namun demikian, ingat untuk memilih korset dengan bahan tepat dan tidak terlalu menekan bekas luka. Penggunaan korset juga sebaiknya tak langsung setelah operasi, tunggu sampai bekas luka mengering.

"Memakai korset terlalu kencang dapat memberi tekanan yang terlalu besar pula pada otot dasar panggul. Hal ini juga dapat memperparah inkontinensia urine yang sedang dialami," ungkap ahli terapi Michelle Diego, DPT.


Selain setelah melahirkan, penggunaan belly wraps juga banyak digunakan pada ibu hamil untuk membantu menopang perut yang semakin besar. Ini juga membantu meringankan sakit punggung dan persendian, terutama di trimester ketiga.

Simak juga tips perawatan diri untuk Bunda setelah melahirkan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi