sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Posisi Seks Aman Bagi Bunda yang Baru Melahirkan Caesar

Annisa Karnesyia Rabu, 20 May 2020 20:14 WIB
Young loving couple enjoying in their morning time and talking to each other in bedroom. 5 Posisi Seks Aman Bagi Bunda yang Baru Melahirkan Caesar/ Foto: iStock
Jakarta -

Menjalani operasi caesar akan meninggalkan luka yang butuh waktu lama untuk sembuh. Beberapa pasangan suami istri harus disarankan menunda berhubungan seks, sampai luka benar-benar sembuh.

Menurut profesor dan konselor laktasi Robin Elise Weiss, PhD, MPH, setelah menjalani operasi caesar, wanita harus menunggu sekitar enam bulan sebelum berhubungan seks. Dokter atau bidan akan memastikan bahwa luka sayatan sembuh dan pendarahan pasca persalinan telah berhenti.


"Tubuh memerlukan waktu sekitar enam minggu untuk menyembuhkan bagian dalam rahim dan serviks untuk menutup kembali," kata Weiss, dikutip dari Very Well Family, Rabu (13/5/2020).

"Inilah sebabnya mengapa wanita setelah melahirkan diharuskan untuk menghindari hubungan seksual dan menggunakan tampon sampai selesai menjalani pemeriksaan enam minggu," sambungnya.

Ada beberapa pertimbangan sebelum Bunda memutuskan berhubungan seks, setelah operasi caesar. Salah satunya soal luka sayatan dan posisi seks yang bisa memberikan tekanan pada luka.

Suami dan istri5 Posisi Seks Aman Bagi Bunda yang Baru Melahirkan Caesar/ Foto: iStock


Lalu apa saja posisi seks yang aman dilakukan setelah operasi caesar? Dilansir Romper dan Cosmopolitan, berikut 7 posisi seks tersebut:

1. Sensual Spooning

Posisi spooning tidak hanya intim, tapi juga bagus bagi Bunda yang menjalani pemulihan luka setelah operasi caesar. Posisi ini di mana suami berada di belakang istri. Bunda mengangkat satu kaki sehingga Ayah bisa melakukan penetrasi.

Sensual spooning juga memiliki kelebihan lain. Ayah dapat melakukan banyak stimulasi G-spot tanpa ada tekanan ke luka bekas operasi Bunda.

2. Saucy Spooning

Variasi lain dariĀ posisi spooning ini tak membutuhkan banyak kerja keras dari istri. Bedanya, saat suami melakukan penetrasi dari belakang, istri bisa ikut sedikit bergerak.

3. Sitting Up (Duduk)

Berada di atas saat berhubungan seks bisa menjadi sulit setelah operasi caesar, namun ketika dilakukan sambil duduk akan berbeda. Otot torso akan ditekan bersamaan, namun tak berlebihan. Selain itu, Bunda bisa mengontrol gerakan untuk melindungi bekas luka.

4. Hot Hula

Posisi ini membuat istri bisa menjadi pengontrol dalam berhubungan seks. Bunda bisa duduk di atas dan menghadap Ayah yang tidur telentang. Gerakan hot hula saat penetrasi dalam ke samping kanan dan kiri atau memutar.



5. X Marks The Spot

Cobalah berbaring di permukaan datar seperti tempat tidur atau meja, minta Ayah berdiri di tepi dan menarik tubuh Bunda ke arahnya. Kaki Ayah bersilang dalam bentuk X, agar dapat melakukan penetrasi dalam.

Simak juga cara Ivy Batuta dan suami mengajarkan pendidikan seks pada anaknya, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi