sign up SIGN UP search


kehamilan

Sulit Hamil Anak Kedua? Bisa Jadi Bunda Mengalami Infertilitas Sekunder

Kinan Selasa, 19 May 2020 11:49 WIB
Young woman looking miserable staring at pregnancy test Sulit Hamil Anak Kedua? Bisa Jadi Bunda Mengalami Infertilitas Sekunder/ Foto: Getty Images/SolStock
Jakarta -

Bagi Bunda yang sudah memiliki anak, keinginan untuk bisa hamil kembali tentu besar. Namun demikian, tak semua bisa dengan mudah positif hamil lagi.

Jika Bunda juga mengalaminya, bisa jadi itu disebabkan oleh infertilitas sekunder atau secondary infertility.

Dikutip dari Mayo Clinic, pakar kesehatan Charles Coddington, MD, menyebutkan ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan infertilitas sekunder. Termasuk kesehatan tubuh ibu, riwayat penyakit dan gaya hidup.


Infertilitas sekunder umumnya didiagnosis saat seorang wanita menjalani program hamil alami selama 6 bulan atau lebih namun tak kunjung berhasil.

Dari sisi kesehatan, infertilitas sekunder bisa terjadi juga karena kenaikan berat badan ibu dan masalah pada rahim. Misalnya seperti masalah pada tuba falopi atau karena endometriosis, seperti dilansir Motherly.

"Tak cuma karena kesehatan ibu, ini juga bisa terjadi karena kesehatan ayah. Misalnya karena ada masalah pada produksi atau pergerakan sperma, termasuk akibat faktor pertambahan usia," ujar Coddington.

Ilustrasi program hamil anak keduaIlustrasi program hamil anak kedua/ Foto: Getty Images/iStockphoto/golibo

Penerapan gaya hidup sehat seperti menghindari paparan asap rokok, makan makanan bergizi, rutin olahraga dan cukup istirahat pun sebaiknya selalu dijalankan ya, Bun.

Beberapa hal bisa menjadi pertimbangan Bunda untuk cek ke dokter saat program hamil anak kedua. Misalnya ketika usia orang tua masih di bawah 35 tahun tetapi program hamil alami selama maksimal 12 bulan tak kunjung berbuah hasil positif.

Guna mendapatkan diagnosis, dokter mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan fisik, cek darah, USG serta pemeriksaan panggul.

Simak juga rencana program hamil Nuri 'Shaden' dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi