sign up SIGN UP search


kehamilan

Madu Baik untuk Kesehatan, Tapi Bolehkah Dikonsumsi Ibu Hamil?

Kinan Rabu, 20 May 2020 07:00 WIB
Madu Baik untuk Kesehatan, Tapi Bolehkah Dikonsumsi Ibu Hamil? Ilustrasi ibu hamil konsumsi madu/ Foto: Getty Images/iStockphoto/dusanpetkovic
Jakarta -

Madu dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Bahkan madu kerap dimanfaatkan sebagai pengganti gula pasir untuk memberi rasa manis alami.

Namun demikian, apakah ibu hamil boleh mengonsumsi madu? Jika ya, seperti apa aturan pakai yang aman bagi ibu hamil?

Menurut pakar nutrisi Keli Hawthorne, MS, RD, LD, aman untuk mengonsumsi madu selama kehamilan. "Hanya saja, pilih madu yang sudah melewati tahap pasteurisasi," ujarnya, seperti dilansir Baby Center.


Ya, madu yang sudah melewati tahap pasteurisasi aman dikonsumsi ibu hamil, kecuali atas alasan tertentu dokter merekomendasikan Bunda untuk tidak mengonsumsinya.

Dikutip dari Healthline, madu mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Madu juga memiliki kandungan fruktosa, maltosa dan sukrosa.

Beberapa manfaat yang bisa didapat Bunda dengan mengonsumsi madu di antaranya memperkuat sistem imun, mencegah alergi dan membantu meredakan batuk.

Ilustrasi maduIlustrasi madu. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Niteenrk)

Nah, supaya tetap aman, selain pilih jenis madu yang sudah pasteurisasi dan berkualitas, terapkan juga takaran yang sesuai. TakaranĀ madu yang bisa Bunda konsumsi maksimal 3 sendok makan per hari, ya.

Jika dikonsumsi berlebihan, madu justru dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional dan kembung.

Selain diminum langsung, Bunda bisa mengonsumsi madu dengan cara dicampur sebagaiĀ pemanis alami dalam secangkir teh atau pada semangkuk oatmeal.

Simak juga manfaat madu dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi