sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri Hamil Muda 1 Minggu Mirip Menstruasi? Ini Penjelasannya Bunda

Asri Ediyati Selasa, 02 Jun 2020 12:19 WIB
Young woman having pain in stomach. caption
Jakarta -

Tak semua ibu mengantisipasi kehamilan mereka. Bahkan, ada pula yang tidak sadar sedang hamil. Nah, bagi Bunda yang sedang menantikan kehamilan, mungkin bertanya-tanya, apakah hamil satu minggu memiliki gejala?

Dilansir What to Expect, ternyata sangat sulit bagi dokter kandungan untuk menentukan kapan tepatnya kehamilan dimulai (ketika sperma bertemu sel telur), apakah sudah berusia satu minggu atau lebih.

Terlebih lagi, sperma dari suami bisa berdiam di tubuh Bunda selama beberapa hari sebelum telur keluar untuk 'menyambutnya'.


Sementara, menurut dr.Karno Suprapto, Sp.OG dari Mayapada Hospital, minggu pertama, kadang-kadang Bunda bahkan tidak menyadari kalau sedang hamil.

"Pada minggu pertama, biasanya sih ibu itu enggak merasakan. Bahkan kadang ada yang enggak tahu kalau hamil," tambah Karno.

Karno menjelaskan tanda pasti kehamilan dimulai sejak usia dua minggu. Gejala pun bervariasi.

ilustrasi hamililustrasi hamil/ Foto: iStock

Namun meski ciri hamil baru dirasakan dua minggu, ada pula yang berpendapat bahwa ciri hamil muda satu minggu ini mirip menstruasi.

Debra Sullivan, Ph.D., MSN, R.N., CNE, COI mengatakan bahwa minggu pertama kehamilan sama persis dengan minggu pertama siklus menstruasi, Bunda. Saat-saat ini, tubuh Bunda mempersiapkan kehamilan.

"Anda mungkin sangat terbiasa dengan bagaimana menstruasi Anda setiap bulan. Sebagian besar, menstruasi mengganggu. Tapi itu juga yang harus dilakukan tubuh Anda untuk mempersiapkan kehamilan," tulisnya dikutip dari Healthline Parenthood.

Gejalanya meliputi:

- Perut kembung
- Jerawat
- Kecemasan dan perubahan suasana hati
- Perubahan kebiasaan buang air besar, dari sembelit menjadi diare
- Perubahan libido (gairah seksual)
- Depresi
- Kelelahan
- Mengidam makanan dan nafsu makan meningkat
- Sakit kepala
- Intoleransi terhadap alkohol
- Nyeri sendi dan otot
- Sakit perut atau kram
- Payudara lembut
- Pertambahan berat badan karena retensi cairan

Simak juga ciri-ciri hamil berdasarkan perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi