sign up SIGN UP search

kehamilan

6 Buah yang Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil 2 Bulan

Haikal Luthfi   |   Haibunda Selasa, 02 Jun 2020 19:38 WIB
Ilustrasi wanita hamil makan jeruk atau buah caption
Jakarta -

Buah sangat bagus untuk kehamilan. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan terdiri dari Vitamin, serat, dan asam folat.

Nutrisi vitamin seperti vitamin C bagus untuk perkembangan gigi dan tulang pada bayi, fiber membantu meringankan sembelit selama masa kehamilan, serta asam folat untuk mencegah cacat pada saraf bayi dan membantu dalam pembentukan darah.


Memasuki bulan ke-2 kehamilan, penting diperhatikan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sebab, pada fase ini, janin sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat ketimbang bulan sebelumnya. Adapun untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan, Bunda.

Mengutip Medical News Today, berikut beberapa buah-buahan yang direkomendasikan:


Ilustrasi wanita hamil makan jeruk atau buahIlustrasi wanita hamil makan jeruk atau buah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Valeriy_G

1. Jeruk

Jeruk adalah sumber akan folat, vitamin C dan air. Jeruk sangat bagus untuk menjaga Bunda  hamil tetap terhidrasi dan sehat.

Vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. Folat dapat membantu mencegah cacat saraf, yang dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

2. Pir

Pir mengandung banyak nutrisi seperti serat, kalium dan folat yang baik untuk ibu hamil. Serat dapat meringankan gejala sembelit. Kalium bermanfaat bagi kesehatan jantung bagi ibu dan bayi, serta juga dapat merangsang regenerasi sel.

3. Pisang

Pisang tinggi akan vitamin C, kalium, vitamin B-6 dan serat. Kandungan serat pisang yang tinggi dapat membantu mengatasi sembelit selama kehamilan, dan vitamin B-6 yang dapat membantu meringankan mual dan muntah pada awal kehamilan.

4. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, C dan E. Selain itu buah ini juga kaya nutrisi seperti kalsium, beta karoten dan zat besi. Semua nutrisi ini dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi. Seperti contoh, zat besi dapat mencegah anemia dan kalsium membantu tulang dan gigi tumbuh kuat.

5. Apel

Apel mengandung nutrisi untuk membantu pertumbuhan janin, seperti vitamin A dan C, serat dan juga kalium.

Sebuah studi menemukan bahwa makan apel saat hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi terkena asma dan alergi.

6. Alpukat

Alpukat sumber nutrisi seperti vitamin C, E dan K, asam lemak tak jenuh dan serat. Alpukat mengandung lemak sehat yang menyediakan energi dan membantu mencegah cacat pada tabung saraf, juga meningkatkan sel-sel yang bertanggung jawab untuk membangun kulit dan jaringan otak bayi yang sedang berkembang.

Simak juga Bunda, ciri hamil dilihat dari perubahan kulit pada video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!