sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Cara Membuat Anak Laki-laki, Salah Satunya Perbanyak Makan Daging

Annisa Karnesyia Kamis, 18 Jun 2020 14:01 WIB
Pregnant woman with alphabet cubes spelling Boy caption
Jakarta -

Jenis kelamin anak kadang menjadi harapan tersendiri dalam merencanakan kehamilan. Beberapa orang tua menginginkan anak laki-laki, sehingga melakukan berbagai upaya untuk mewujudkannya. Apakah dalam dunia medis ada cara membuat anak laki-laki?

Selain cara alami, ada teknologi yang mendukung dalam memilih jenis kelamin bayi. Namun, kata Penulis The Doula Advantage, Rachel Gurevich, cara tersebut bisa saja mahal.

"Ada teknologi reproduksi yang dapat membantu pasangan memiliki anak perempuan atau laki-laki. Namun, ini mahal, memiliki risiko medis, dan masih belum menjamin 100 persen," kata Gurevich, dikutip dari Very Well Family, Rabu (17/6/2020).


Teknologi ini juga tidak tersedia di semua klinik kesuburan. Itulah mengapa cara membuat anak yang alami lebih populer untuk dipraktikkan, Bunda.

Gynecological Examination, Pregnancy Test, Adult, Adults OnlyCara Membuat Anak Laki-laki, Salah Satunya Perbanyak Makan Daging/ Foto: iStock

Ingin mencobanya? Ada 3 cara membuat anak laki-laki yang bisa diterapkan Ayah dan Bunda nih. Simak penjelasannya berikut:

1. Diet makanan

Beberapa makanan dipercaya bisa mempermudah pasangan mendapatkan anak laki-laki, seperti lemon, royal jelly, kacang almond, wortel, jus jeruk, dan saus tomat. Makanan ini dapat membantu menciptakan lingkungan basa yang disukai sperma.

Diet kalori lebih tinggi yang menyediakan banyak energi juga telah terbukti bisa meningkatkan kemungkinan hamil anak laki-laki. Misalnya konsumsi sarapan sereal untuk meningkatkan energi dalam diet ini.

Tak cuma istri, suami juga dianjurkan konsumsi jenis makanan tertentu. Menurut dr.Finekri Abidin, Sp.OG(K), untuk hamil anak laki-laki, suami dianjurkan lebih banyak makan daging.

"(Makan daging) Sehingga pada saat kromosom Y pria bertemu dengan kromosom X wanita, keduanya bisa menjadi XY," kata Finekri.

2. Mengubah pH vagina

Sperma tumbuh subur dan baik di lingkungan yang lebih basa, sehingga semakin basa vagina, semakin besar kemungkinan mengandung anak laki-laki. Makanan tertentu dipercaya bisa membentuk suasana basa di area vagina.

"Teori ini muncul berdasarkan bukti laboratorium. Sperma pembawa kromosom X (perempuan), dapat bertahan di lingkungan asam, sedangkan Y (laki-laki) lebih baik kerjanya di lingkungan basa," kata Gurevich.

3. Berhubungan seksual pada waktu tertentu

Salah satu cara membuat anak laki-laki adalah berhubungan seksual sebelum ovulasi atau setelah mucus serviks muncul. Penelitian lain menunjukkan, pembuahan yang terjadi pada hari ovulasi membuat peluang hamil anak laki-laki lebih besar.

Semoga membantu ya.

Simak juga tips hamil anak perempuan atau laki-laki, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi