Sign Up search


kehamilan

7 Ciri-ciri Hamil Muda yang Mirip PMS

Asri Ediyati Rabu, 15 Jan 2020 12:02 WIB
7 Ciri-ciri Hamil Muda yang Mirip PMS caption
Jakarta - Beberapa dari wanita mungkin tak benar-benar mengantisipasi kehamilan. Alhasil seringkali keliru antara ciri-ciri hamil muda dengan sindrom pramenstruasi (PMS). Keduanya memang memiliki ciri-ciri yang sama karena terjadi fluktuasi hormonal yang terjadi pada tubuh.

PMS, atau sindrom pramenstruasi adalah suatu kondisi yang ditandai dengan gejala psikologis dan fisik yang berkembang di beberapa titik setelah Bunda berovulasi (yang terjadi selama pertengahan siklus menstruasi), dan berakhir ketika memulai menstruasi.


Gejala PMS dapat meliputi lekas marah, depresi, menangis, kelelahan, kembung, jerawat, nyeri payudara, dan perubahan nafsu makan termasuk mengidam makanan. Sementara 90 persen wanita diyakini memiliki beberapa gejala hamil yang berhubungan dengan menstruasi. Demikian dikutip dari MedicineNet.


Apa saja ciri-ciri hamil muda yang mirip PMS? Simak tujuh ciri-cirinya berikut ini.

1. Sakit kepala

Sakit kepala bisa merupakan gejala kehamilan, tetapi banyak wanita juga mengalami sakit kepala atau migrain sebelum periode menstruasi atau dengan PMS. Sakit kepala disebabkan oleh perubahan hormon.

2. Sakit punggung

Gejala ini bisa terjadi jika menstruasi semakin dekat, tetapi juga bisa menjadi gejala bahwa Bunda hamil. Seperti sakit kepala, sakit punggung dipengaruhi oleh perubahan hormonal.

3. Perubahan suasana hati

Bunda lekas marah, cemas, menangis. Perubahan suasana hati biasa terjadi pada PMS dan awal kehamilan. Perubahan-perubahan ini dapat mencakup depresi, kecemasan, lekas marah, dan perubahan suasana hati.

4. Konstipasi

Hormon progesteron dapat menyebabkan gangguan pencernaan termasuk sembelit. Ini karena kadar progesteron meningkat selama paruh kedua dari siklus menstruasi. Sembelit bisa terjadi pada wanita dengan PMS atau mendekati periode menstruasi. Demikian juga, perubahan hormonal pada awal kehamilan juga dapat menyebabkan sembelit.

5. Peningkatan buang air kecil

Bunda mungkin mengalami peningkatan buang air kecil jika Bunda sedang hamil atau Bunda akan mengalami menstruasi.

6. Nyeri payudara

Nyeri payudara, pembengkakan payudara, atau pembesaran, dapat terjadi pada awal kehamilan dan juga sebelum menstruasi. Payudara mungkin terasa berat, sakit, atau sensitif pada kedua kondisi ini.


7. Kram perut

Kram umum terjadi pada PMS dan kehamilan awal. Kram awal kehamilan mirip dengan kram menstruasi, tetapi dapat juga terjadi pada perut bagian bawah. Kram ini dapat bertahan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan selama kehamilan, saat implan embrio dan rahim membentang. Demikian dikutip dari Medical News Today.

Simak video tentang penyebab kaki ibu hamil bengkak:

[Gambas:Video Haibunda]

 
(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi