sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Begini Perkembangan Janin di Kehamilan 2 Bulan

Annisa Afani Senin, 29 Jun 2020 17:06 WIB
A pregnant woman and her female doctor are indoors in a hospital. The doctor is performing an ultrasound. caption
Jakarta -

Beberapa ibu hamil mengalami gejala kehamilan ketika sudah memasuki bulan ke-2. Beberapa gejala tersebut, seperti nyeri di payudara, lelah, sering buang air kecil, mulas hingga mual dan muntah.

Hal itu terjadi karena perubahan hormon dan perkembangan embrio dalam rahim. Embrio pada tahap ini mulai berkembang pesat, di mana beberapa organ penting tubuhnya mulai terbentuk, Bunda. Pada fase ini, embrio telah disebut sebagai janin.

Berikut perkembangan janin awal kehamilan 2 bulan, dilansir dari Baby Center:


Hamil 5 minggu

Bayi pada minggu ke-5 kehamilan, seukuran biji wijen dan lebih terlihat seperti berudu dibanding manusia. Pada tahap ini, perubahan fisik seperti benjolan besar pada perut belum terjadi. Namun di dalam rahim, perubahan besar sedang terjadi.

Plasenta terus berkembang dan terus memasok nutrisi dan oksigen sehingga membuat janin tumbuh lebih cepat. Di dalam janin, tiga lapisan sel terbentuk dan tumbuh menjadi organ utama serta jaringan tubuh, yakni:

Lapisan atas sel, struktur berongga yang disebut sebagai tabung saraf terbentuk. Di sinilah otak, tulang punggung, sumsum tulang belakang, dan saraf janin akan berkembang. Tabung saraf akan mulai menutup di setiap ujung untuk membentuk rongga pelindung di sekitar sumsum tulang belakang dan otak. Kulit, rambut, dan kuku juga akan tumbuh dari lapisan ini.

Lapisan tengah sel adalah tempat atau asal tulang rangka dan otot tumbuh. Sistem sirkulasi jantung dan darah juga akan berkembang dari lapisan ini. Lapisan ketiga sel, tempat paru-paru, usus, dan sistem kemih bayi akan tumbuh.

Jantung mungil yang dimiliki janin akan menjadi organ pertamanya yang mulai bekerja. Pada tahap ini kelihatannya lebih seperti tabung daripada empat bilik jantung normal, tetapi sudah terhubung ke pembuluh darah dan akan mulai memompa. Sebagian besar jantung janin mulai berfungsi sekitar hari ke-21 atau 22 kehamilan.

Hamil 6 minggu

Janin pada tahap ini akan seukuran lentil. Saat melakukan USG, Bunda sudah bisa melihat detak jantung janin di usia kehamilan ini. Biasanya, jantung janin akan berdetak lebih cepat dari bu, sekitar 100 detak per menit.

ilustrasi janinilustrasi usg janin/ Foto: iStock

Perubahan dan perkembangan janin lainnya yang terlihat ialah dengan bentuknya yang tidak lagi oval tapi melengkung, mirip huruf C dengan beberapa fitur lainnya mulai berkembang.

Janin akan memiliki bintik hitam, di mana matanya akan berada, diikuti dengan lubang-lubang kecil untuk menandai telinga, dan hidungnya. Ditambah lagi, lipatan kecil di bawah otaknya juga yang berkembang akan tumbuh membentuk lidah, rahang, dan leher.

Akan muncul tunas yang akan membentuk lengan dan kaki. Otot dan jaringan tulang terbentuk, yang ditutupi dengan lapisan kulit yang tipis. Di dalam tubuhnya, sel lain akan tumbuh menjadi usus, paru-paru, hati, dan ginjal. Tabung saraf bayi, tempat otak dan tulang belakang tumbuh akan terus menutup di setiap ujungnya.

Hamil 7 minggu

Pada usia kehamilan 7 minggu, janin sudah tumbuh sekitar 1 centimeter (cm) atau seukuran biji buncis. Janin akan memiliki ekor kecil, yang nantinya akan segera menghilang.

Di lengan janin, jaringan tulang rawan terbentuk, bersamaan dengan saraf. Tangannya juga semakin panjang, dengan bahu, lengan atas dan lengan bawahnya menjadi lebih jelas. Selanjutnya diikuti perkembangan pada kakinya.

Otak janin tumbuh sangat cepat sehingga lebih besar dari tubuhnya. Hidung, lubang hidung, telinga bagian dalam terbentuk. Sedangkan mata dalam tahap awal perkembangan, tetapi sudah membentuk kelopak kecil.

Jantung janin akan memproduksi dan mengeluarkan sel darah merah sampai tulang sumsumnya tumbuh dan mengambil alih peran tersebut. Tali pusat janin juga memiliki pembuluh darah berbeda, siap untuk membawa oksigen dan nutrisi ke tubuhnya dan menghilangkan zat-zat limbah seperti karbon dioksida.

Hamil 8 minggu

Janin Bunda pada tahap ini seukuran kacang merah. Mungkin bagi beberapa ibu hamil belum akan begitu merasakannya, namun janin bergerak di dalam rahim.

Kepala janin akan terlihat lebih besar dari batang tubuhnya dan ditekuk ke dada. Fitur wajahnya perlahan-lahan menjadi lebih jelas karena rahang dan hidung bagian atasnya mulai terbentuk.

Janin juga memiliki tunas kecil di mana daun telinganya akan tumbuh dan matanya akan tampak lebih jelas, dengan lipatan kelopak yang sebagian menutupinya. Sel-sel saraf di otak terlihat bercabang untuk membentuk jalur saraf awal. Bagian otak yang bertanggung jawab atas indra penciumannya pun juga terbentuk.

Tangan janin akan mengepal, di mana jari-jari dalam kepalan tersebut sudah mulai terbentuk. Sedangkan kakinya akan terbentuk sekitar 5 hari lebih lambat dibanding lengan dan tangannya. Ekor yang tampak di bagian ujung tubuh yang hampir hilang, dan menyusut untuk membentuk tulang ekor.

Dilansir Planned Parenthood, organ-organ seks sama, baik perempuan atau laki-laki pada semua janin sampai minggu ke-7 atau ke-8. Jika gen memicu perkembangan testis, janin akan berkembang menjadi laki-laki. Jika tidak ada pemicu, maka janin mengembangkan ovarium dan menjadi perempuan secara biologis.

Simak juga cerita dr. Reisa Broto Asmoro yang tidak sadar sedang hamil dan melompat dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi