sign up SIGN UP search


kehamilan

2 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Masa Kehamilan Trimester 1

Asri Ediyati Selasa, 30 Jun 2020 16:19 WIB
Cropped shot of a pregnant woman touching her belly caption
Jakarta -

Hamil muda atau masa kehamilan trimester 1 merupakan masa yang krusial. Memang, saat program hamil, kita juga diwajibkan untuk memperhatikan hal-hal tertentu.

Nah Bunda, pada trimester 1, ada beberapa hal krusial yang tak boleh terlewat dan wajib Bunda perhatikan karena penting bagi Bunda dan janin.


Ada dua hal yang wajib diperhatikan Bunda hamil pada trimester 1, yakni:

1. Makanan yang dikonsumsi

Menurut dr. Rinto Riantori Sp.OG dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, saat masa kehamilan trimester 1, ibu hamil wajib memperhatikan nutrisi untuk dirinya dan janin. Penting bagi ibu hamil memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi.

"Yang perlu diperhatikan utama adalah nutrisi untuk ibu dan janin, konsumsi asam folat dan vitamin diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hamil," kata Rinto kepada HaiBunda, Senin (29/6/2020).

Rinto mengatakan, ini penting dan utama karena selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hamil, juga bisa mencegah terjadinya kecacatan pada janin.

2. Tanda-tanda bahaya

Ia juga meminta ibu hamil untuk memperhatikan tanda-tanda bahaya yang mungkin terjadi saat masa kehamilan trimester 1. Ya, karena tanda-tanda bahaya ini terkadang mirip gejala hamil muda.

"Perhatikan juga tanda bahaya seperti kontraksi atau kram perut yg berlebihan keluarnya darah atau spotting," kata Rinto.

Jika Bunda merasa ada yang tidak beres atau menemukan tanda bahaya saat hamil trimester 1, disarankan untuk cepat konsultasi ke dokter kandungan.

Simak juga video soal tips cepat hamil ala Ivy Batuta:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi