sign up SIGN UP search


kehamilan

Tak Sadar Hamil, Wanita Ini Mendadak Melahirkan Setelah Ditendang

Annisa Afani Minggu, 12 Jul 2020 10:15 WIB
Young pregnant woman at home, closeup caption
Jakarta -

Pada umumnya, saat wanita hamil akan mengalami beberapa gejala ya, Bunda. Namun pada kasus tertentu, wanita bisa tak menyadari dirinya sedang hamil, seperti yang dialami oleh Pamela Vugts.

Gadis asal Den Bosch, Belanda ini tiba-tiba melahirkan tanpa dia tahu dirinya sedang mengandung. Akibatnya, dia harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pendarahan akibat tendangan di area perut saat melakukan pertandingan kick boxing sehari sebelumnya.

Setelah diperiksa oleh dokter, Pamela dinyatakan tengah hamil dan kandungannya telah menginjak usia 7 bulan, Bunda. Akibat insiden tersebut, bayi perempuan sehat yang dikandungnya terpaksa dilahirkan lebih cepat lewat operasi caesar.


Pamela maupun orang tuanya tidak ada yang mengetahui bahwa dirinya tengah berbadan dua. Meskipun timbangan berat badan sebelum pertandingan memang menunjukkan kenaikan, namun hal tersebut tidak membuatnya berpikir dirinya sedang mengandung.

"Dia selalu agak berat. Tapi karena dia mengalami menstruasi bulanan, kami pikir dia menambah berat badan karena dari liburan," kata ayahnya, Cor, dikutip dari Mirror.

Menurut laporan, perut Pamela memang tampak agar besar saat dilihat di atas ring. Namun tetap saja tidak ada yang menyangka dirinya tengah mengandung.

Meskipun dapat dibilang aneh, kasus ini sebenarnya sudah beberapa kali terjadi lho, Bunda. Menurut cerita dari beberapa wanita yang mengalaminya, mereka berpikir tengah mengalami sembelit, namun berujung melahirkan.

Kehamilan tanpa disadari dan samar ini disebut dengan cryptic pregnancy, Bunda. Ibu hamil yang mengalami hal tersebut biasanya akan sadar saat memasuki minggu akhir kehamilan atau bahkan sesaat sebelum melahirkan.

Kebanyakan kasus cryptic pregnancy ini bisa ditandai dengan adanya perdarahan pseudo-menstruasi. Ahli gizi dr. Debra Sullivan, PhD mengatakan, kebanyakan orang memperhatikan gejala kehamilan, seperti perubahan pada payudara yang melunak serta membengkak, mood swing, kelelahan, dan mual sejak awal trimester pertama.

Young vomiting woman near sink in bathroomIlustrasi mual dan muntah/ Foto: iStock

Namun, saat tengah mengalami kehamilan samar, dia mengatakan bahwa tidak ada yang memicu gejala tersebut terjadi lho, Bunda. Sehingga tidak akan ada yang mencurigai bahwa seorang wanita atau wanita itu sedang hamil.

"Tes kehamilan bisa menunjukkan hasil negatif, bahkan setelah Anda telat menstruasi. Mual bisa Ana abaikan dan menganggapnya sebagai gejala gangguan pencernaan atau flu berat ketika badan merasa tidak enak," katanya, dikutip dari Healthline.

Saat menstruasi tidak teratur, wanita pun cenderung tidak curiga dirinya tengah hamil. Nah, alasan gejala kehamilan tidak dialami wanita karena kadar hormon progesteron dan estrogen yang rendah. Hal ini pun membuat ibu hamil mengalami sedikit pendarahan yang sering dianggap sebagai menstruasi.

Kondisi lainnya terkait pada tanda kehamilan samar adalah Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) atau pembesaran ovarium serta perimenopause. Keduanya memiliki gejala mirip dengan kehamilan seperti kenaikan berat badan dan perubahan suasana hati.

Untuk proses persalinan kehamilan cryptic pregnancy ini sendiri sama seperti umumnya kok, Bunda. Yang membedakan mungkin pada kesiapan psikis ibu yang melahirkan untuk menjadi orang tua karena menganggap hal tersebut terlalu tiba-tiba.

"Karena ibu tak sadar dirinya hamil, mungkin dia belum siap secara psikis menjadi ibu atau kurangnya bantuan medis. Untuk itu, jika merasakan perut kram bahkan sampai kontraksi hebat, segeralah cek ke dokter," tutur dr. Debra.

Bunda, simak juga kisah dr. Reisa yang tidak sadar tengah hamil dan loncat dari atas kapal dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi