sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Makan Inti Nanas Bisa Jadi Cara Cepat Hamil yang Ampuh?

Kinan Senin, 20 Jul 2020 16:18 WIB
Cropped shot of a pregnant woman touching her belly caption
Jakarta -

Ada beberapa teori yang diklaim bisa menjadi cara cepat hamil bagi para pasangan suami istri, lho Bunda. Salah satunya dengan mengonsumsi inti nanas alias pineapple core segera setelah ovulasi.

Bahkan teori ini juga disebut-sebut ampuh bagi pasutri yang sedang menjalani transfer embrio melalui program bayi tabung. Supaya lebih efektif, konsumsi inti nanas perlu dilakukan selama lima hari berturut-turut.

Dikutip dari Parents, dokter kandungan Renee Wellenstein, MD menyebutkan klaim ini memang cukup populer di kalangan pasutri saat program hamil. Diyakini bahwa enzim dalam inti nanas yang disebut bromelain dapat membantu mengatasi peradangan dan baik untuk imun.


"Sebenarnya tidak secara langsung makan inti nanas bisa meningkatkan peluang untuk hamil. Tapi kandungan vitamin C dalam nanas, yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, bisa jadi pilihan sehat bagi setiap wanita yang sedang berupaya untuk bisa hamil," tutur Wellenstein.

Ya, nanas merupakan salah satu buah dengan sumber vitamin C yang tinggi. Satu porsi atau satu cangkir buah nanas dapat memberikan 46 persen dari nilai harian vitamin C yang direkomendasikan.

Kandungan bromelain dalam nanas juga memiliki sifat alami antiinflamasi dan antikoagulasi (pengencer darah), sehingga membantu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dalam mencegah peradangan.

Portion of fresh Pineapple Juice in a glassIlustrasi nanas. (Foto: Getty Images/iStockphoto/HandmadePictures)

Peradangan atau inflamasi sendiri merupakan salah satu kondisi penghambat kesuburan dan dapat menekan ovulasi. Demikian dikutip dari Very Well Family.

Jadi pada intinya konsumsi buah nanas, baik daging maupun bagian intinya, memang baik bagi wanita saat program hamil. Terutama untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin C dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Namun inti nanas tidak bisa diklaim bisa menjadi cara cepat hamil alias secara otomatis langsung meningkatkan peluang kehamilan ya, Bunda. Jadi jangan langsung percaya klaim bahwa konsumsi inti nanas bisa bikin cepat hamil.

Selain dari nanas, vitamin C juga bisa didapatkan secara alami dari buah-buahan lain seperti jambu biji, jeruk, pepaya dan stroberi. Untuk sayuran, Bunda bisa memilih sumber vitamin C seperti bayam dan brokoli.

Simak juga cara cepat hamil ala dr. Reisa dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi