sign up SIGN UP search


kehamilan

Hindari Konsumsi Makanan Pedas Saat Hamil, Ini Dampaknya Bunda

Annisa Afani Minggu, 26 Jul 2020 16:01 WIB
makanan super pedas caption
Jakarta -

Ibu hamil mungkin akan lebih berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsinya karena khawatir bisa memengaruhi janin dalam kandungan. Salah satunya yang menjadi pertanyaan adalah bolehkan mengonsumsi makanan pedas selama kehamilan?

Mengonsumsi makanan pedas pada dasarnya tidak memberi dampak negatif pada janin lho, Bunda. Dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Facey Madical Group, dr Kathryn Wright mengatakan bahwa makanan pedas tidak memberi pengaruh pada bayi dalam kandungan, kecuali mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi.

"Kecuali makanan pedas Anda sangat tinggi karbohidrat atau gula. Makanan berkarbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah Anda, sehingga meningkatkan kadar gula darah bayi, yang bisa membuat bayi lebih aktif," katanya dikutip dari Romper.


Dampak makanan pedas mungkin hanya dapat dirasakan oleh ibu yang mengonsumsinya. Ibu hamil yang mengonsumsi makanan pedas bisa menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan.

Makanan pedas bisa membuat mual dan mulas atau morning sickness semakin buruk. Sebab rahim dan bayi yang sedang tumbuh meningkatkan asam lambung di perut Bunda.

"Karena hormonĀ kehamilan dan perkembangan rahim dapat menyebabkan refluks, makanan pedas dapat ditoleransi dengan baik tetapi mereka tidak akan memengaruhi bayi Anda," kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr Kirtly Parker Jones, dikutip dari Mom.

Selain menyebabkan masalah pencernaan pada ibu hamil, makanan pedas juga dapat memberi efek lain lho. Berikut ini beberapa efek sampingnya:

1. Mulas

Mulas memang cukup umum terjadi selama kehamilan, dan sebagian besar dipicu oleh makanan pedas, Bunda. Ini akan semakin terasa saat kehamilan sudah memasuki trimester akhir karena saat itu janin tumbuh lebih besar, sehingga membuat asam lambung naik hingga kerongkongan.

2. Morning sickness

Morning sickness memang terjadi akibat peningkatan hormon, namun mengonsumsi makanan pedas dapat membuatnya menjadi lebih buruk, Bunda. Untuk itu, Bunda sebaiknya menghindari makanan pedas pada trimester pertama atau sepanjang mual dan muntah masih terus dirasakan pada masa kehamilan.

Ibu Hamil MualIbu Hamil Mual/ Foto: iStock

3. Alergi

Bagi beberapa ibu hamil, makan makanan pedas dapat menyebabkan gejala alergi. Jika Bunda pernah memiliki gejala alergi sebelum kehamilan, maka waktu hamil ini bisa menjadi saat yang tepat untuk menghindari makanan tersebut.

Namun ternyata makanan pedas juga bisa memberi manfaat lho Bunda, di antaranya mengatasi masalah kulit dan jerawat, mengobati pilek dan batuk. Selain itu, melawan sel kanker dalam tubuh karena penelitian menunjukkan bahwa capsaicin pada cabai pedas bisa memperlambat penyebaran kanker paru-paru.

Meski begitu perlu diingat ya, jika Bunda mengalami gejala-gejala buruk yang telah disebutkan sebelumnya, ada baiknya berhenti mengonsumsi makanan pedas selama kehamilan atau berkonsultasi ke dokter ya, Bunda.

Bunda, lihat juga yuk ciri hamil yang terlihat dari perubahan kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi