kehamilan

Pentingnya Vitamin B untuk Perkembangan Janin di Trimester 1

Muhayati Faridatun Jumat, 21 Jun 2019 19:00 WIB
Pentingnya Vitamin B untuk Perkembangan Janin di Trimester 1
Jakarta - Sebagian ibu hamil mengalami penurunan berat badan di awal kehamilan. Itulah sebabnya, penting banget menjaga asupan nutrisi untuk mendukung perkembangan janin. Tak terkecuali kebutuhan vitamin B.

"Di trimester pertama kehamilan, ibu hamil penting mengonsumsi makanan seimbang dan bergizi. Di awal kehamilan, ibu hamil juga penting mengonsumsi makanan yang baik untuk pertumbuhan otak janin," kata ahli gizi dari Islandia, Adda Bjarnadottir, MS, dilansir Health Line.




Dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal, dr.Fredrico Patria, Sp.OG, membenarkan kalau variasi makanan sehat selama kehamilan akan membantu Bunda mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

Bunda juga disarankan mendapatkan vitamin dan mineral tersebut dari makanan segar. Selain itu, mungkin perlu mengonsumsi suplemen untuk memastikan kebutuhan nutrisi Bunda dan janin terpenuhi.

Nah, salah satu nutrisi yang Bunda butuhkan selama kehamilan adalah vitamin B. Menurut penjelasan Erlysita Lammarisi, A.Md. Ked, dalam buku tersebut, berikut manfaat vitamin B untuk perkembangan janin di trimester pertama:

Pentingnya Vitamin B untuk Perkembangan Janin di Trimester 1Ilustrasi makanan sumber vitamin B/ Foto: iStock
Vitamin B1

Vitamin ini dikenal juga dengan nama tiamin. Berguna untuk mengurangi morning sickness selama kehamilan, juga melancarkan pencernaan. Vitamin B1 bisa Bunda dapatkan dari hati ayam, kacang-kacang, dan gandum.

Vitamin B2

Disebut juga dengan riboflavin, yang berfungsi dalam perkembangan janin di minggu pertama. Vitamin B2 membantu mengurai makanan menjadi sari makanan yang dibutuhkan janin. SumberĀ vitamin B2 antara lain keju, susu, brokoli, jamur, telur, dan sayuran hijau.

Vitamin B3

Vitamin ini berfungsi membantu Bunda mengurangi rasa mual dan muntah di kehamilan pertama. Vitamin B3 juga penting dalam pembentukan sel otak janin. Saat hamil, Bunda perlu mengonsumsi vitamin B3 sebesar 18 miligram, yang bisa didapat dari gandum, hati, sayuran hijau, kacang tanah, atau susu.


Vitamin B5

Vitamin ini berfungsi memelihara sel darah merah selama kehamilan. Kebutuhan vitamin B5 saat hamil sebesar 5 miligram per hari bisa didapat dengan meningkatkan konsumsi ayam, alpukat, semangka, dan ikan sarden segar yang bukan kalengan ya, Bun.

Vitamin B6

Dikenal dengan istilah pridoksin, yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama kehamilan. Bunda bisa mencukupi kebutuhan vitamin B6 dengan mengonsumsi gandum, ikan, susu, dan kacang kedelai.

Vitamin B12

Vitamin ini berfungsi membentuk sistem saraf pusat janin dan sel darah merah. Selama hamil, Bunda butuh asupan vitamin B12 sebesar 2,6 mcg per hari. Makanan dengan sumberĀ vitamin B12 antara lain telur, susu, rumput laut, dan daging sapi.

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi