sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Wajib Tahu, Kapan Tanda Awal Kehamilan Mulai Muncul?

Kinan Sabtu, 25 Jul 2020 10:48 WIB
Ilustrasi hamil 5 minggu caption
Jakarta -

Tanda awal kehamilan ada berbagai macam, mulai dari mual, sakit kepala, nyeri payudara, hingga kenaikan suhu tubuh. Namun demikian, periode munculnya tanda-tanda ini seringkali tidak berbarengan.

Bahkan tidak semua ibu hamil akan mengalami tanda awal kehamilan yang sama. Ada yang hanya mual saja, ada juga yang hampir mengalami semua perubahan hormonal pada tubuh.

Dirangkum dari Healthline, berikut beberapa periode waktu munculnya tanda awal kehamilan:


1. Kram dan bercak darah

Kram dan munculnya bercak darah alias spotting bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan. Biasanya tanda ini mulai terjadi pada usia kehamilan 1-4 minggu, terutama pada saat prosesnya masih terjadi pada tingkat sel.

Pada periode waktu ini, sel telur yang telah dibuahi akan menjadi blastokista (kelompok sel yang diisi cairan), yang kemudian tertanam di lapisan rahim dan kadang-kadang menyebabkan pendarahan implantasi seperti bercak.

2. Peningkatan suhu tubuh

Mulai pada usia kehamilan 6 minggu, suhu tubuh Bunda biasanya akan mulai naik. Kondisi ini terjadi terutama saat suhu luar sedang panas atau setelah berolahraga. Selama waktu ini, pastikan Bunda cukup minum air supaya tidak dehidrasi, ya.

3. Mual dan muntah

Morning sickness yang ditandai dengan mual dan muntah di pagi hari biasanya akan mulai terjadi pada minggu 4-6. Sampai saat ini, perubahan hormon dianggap masih menjadi penyebabnya. Biasanya tanda awal kehamilan seperti mual dan muntah akan mereda di trimester kedua.

ilustrasi morning sicknessIlustrasi morning sickness. (Foto: iStock)

4. Nyeri payudara

Mirip seperti saat akan haid, nyeri payudara juga bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan yang banyak dialami. Biasanya tanda ini akan muncul pada usia kehamilan 4-6 minggu. Adanya penyesuaian tubuh dengan perubahan hormon menjadi penyebab nyeri dan rasa tidak nyaman pada payudara.

Sementara itu, perubahan pada tekstur dan warna puting akan mulai terjadi pada usia kehamilan 11 minggu.

5. Sering buang air kecil

Di minggu 4-6 kehamilan, jumlah darah yang dipompa oleh tubuh akan mulai meningkat. Efeknya, akan lebih banyak pula jumlah cairan yang terproses di dalam kandung kemih dan meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Apakah Bunda juga mengalamiĀ tanda awal kehamilan ini di periode waktu tersebut?

Simak juga ciriĀ hamil dilihat dari perubahan warna kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi