sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Tanda Awal Kehamilan yang Terjadi Pada Tubuh Menurut Dokter, Cepat Lelah Bun

Annisa Karnesyia Jumat, 19 Nov 2021 05:00 WIB
Ibu Hamil Mual Ilustrasi Bunda Hamil Rasakan Tanda Awal Kehamilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin
Jakarta -

Tanda awal kehamilan cukup beragam. Bunda sudah dapat merasakannya meski belum melakukan tes kehamilan dengan alat test pack atau ke dokter.

Tak semua Bunda merasakan tanda kehamilan yang sama di trimester pertama. Namun, ada yang bisa merasakan beberapa tanda dalam waktu bersamaan.

Tanda awal kehamilan mudah kok dikenali, Bunda. Jika Bunda mulai menyadari tanda ini muncul, maka segera lakukan tes kehamilan atau cek ke dokter ya.


Tanda awal kehamilan

Nah, berikut 10 tanda kehamilan yang terjadi pada tubuh di trimester pertama menurut Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari RS Sari Asih Ciputat, dr. Nadia Octarya, SpOG:

1. Tidak haid

Tanda pertama kehamilan adalah tidak haid atau telat haid (missing the period). Biasanya, Bunda perlu mencatat siklus haid untuk mengetahui hal ini.

Buatlah catatan siklus haid setiap bulan untuk mengetahui waktu menstruasi. Bila tidak haid atau telat haid, Bunda bisa langsung cek kehamilan.

2. Pusing

Pusing adalah hal yang wajar dialami para Bunda di awal kehamilan. Perubahan hormonal adalah penyebab utama pusing pada Bunda hamil.

"Perubahan hormonal bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah di otak dan meningkatkan aliran darah ke sana, sehingga bisa pusing," kata Nadia kepada HaiBunda, belum lama ini.

3. Sensitivitas terhadap bau meningkat

Kondisi ini dapat terjadi karena peningkatan hormon estrogen selama kehamilan. Hormon estrogen dapat meningkatkan sensitivitas reseptor penciuman, sehingga Bunda lebih sensitif terhadap bau-bauan. Hal ini juga lah yang memicu mual di awal kehamilan.

4. Mual

Mual sebagai tanda awal kehamilan bisa terjadi karena peningkatan hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin). Mual biasanya akan terjadi pada usia 6 minggu dan berakhir di usia kehamilan 16 minggu atau 4 bulan.

5. Kram perut

Kram perut atau spotting (flek) pada tanda awal kehamilan menjadi tanda dimulainya implantasi atau menempelnya embrio ke dinding rahim. Proses ini dapat menimbulkan sedikit pendarahan yang berwarna merah muda atau sedikit kecokelatan.

Untuk tahu tanda awal kehamilan lainnya, baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 30 daftar barang wajib dibawa ke RS jelang persalinan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TANDA AWAL KEHAMILAN: NYERI PAYUDARA HINGGA KEPUTIHAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!