sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Cara Sederhana Mengatasi Stres pada Ibu Hamil, Bunda Perlu Tahu

Kinan Minggu, 26 Jul 2020 05:20 WIB
Ilustrasi hamil sakit kepala atau stres caption
Jakarta -

Stres dan kecemasan menjadi salah satu hal yang rentan dialami oleh ibu hamil. Bagaimana cara mengatasi stres pada ibu hamil, ya?

Hal ini menjadi penting karena pada dasarnya stres berkepanjangan tidak baik bagi kesehatan. Baik bagi kesehatan Bunda, maupun bagi tumbuh kembang janin.

Bahkan beberapa studi menyebutkan stres bisa meningkatkan risiko persalinan prematur.


Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 cara mengatasi stres pada ibu hamil yang bisa dicoba:

1. Tarik napas dalam

Menurut praktisi yoga, Sara Trapani, penting bagi ibu hamil untuk mengenali saat tanda-tanda cemas sudah mulai datang. Setelah itu, cobalah untuk melakukan tarik napas dalam.

"Pastikan tarik napas dan mengeluarkannya lewat hidung. Tutup mata dan lakukan setidaknya lima kali napas dalam. Rilekskan dada, wajah dan rahang. Ini akan menenangkan saraf," ujar Trapani, dikutip dari Parents.

2. Segera tidur dan istirahat

"Tidur memungkinkan otak untuk memulihkan neurotransmiter yang 'terkuras' saat stres. Supaya lebih nyenyak, pastikan suhu kamar cukup sejuk dan gunakan bantal yang sesuai dengan kenyamanan," ujar dokter kandungan Keith Eddleman, MD.

3. Mandi air hangat

Mandi juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi stres pada ibu hamil. Terutama jika menggunakan air hangat dan untuk relaksasi. Selain membantu meredakan stres, mandi air hangat juga membantu meredakan nyeri otot.

4. Berolahraga

"Olahraga membantu melepaskan endorfin dan membuat darah mengalir lebih lancar. Aktivitas ini juga membantu mengalihkan pikiran ibu hamil dari penyebab stres," imbuh dokter kandungan Lindsey Longerot, MD, dilansir The Bump.

Bunda bisa memilih jenis olahraga yang aman seperti berenang, joging atau sekadar jalan kaki.

Unhappy girl in a bedroomStres saat hamil. (Foto: iStock)

5. Spa dan pijat

Pijatan yang nyaman bisa membantu membuat otot tubuh menjadi lebih rileks. Tapi penting bagi Bunda untuk menggunakan jasa terapis yang biasa menangani ibu hamil, ya. Ini supaya area tubuh seperti perut tetap aman selama sesi pijat.

6. Membaca buku favorit

Jika Bunda hobi membaca, lakukan aktivitas ini untuk membantu membuat pikiran lebih rileks. Pastikan penerangannya cukup dan lakukan aktivitas ini dengan posisi yang nyaman. Hindari terlalu membungkuk karena bisa membuat nyeri punggung.

7. Berenang

Berenang bisa menjadi salah satu aktivitas untuk mengatasi stres pada ibu hamil, lho. Terutama karena hampir semua bagian tubuh akan bergerak, namun terasa lebih ringan di dalam air. Berenang tak cuma bisa bikin rileks, tapi juga melatih pergerakan otot.

Nah, mana di antara aktivitas tersebut yang biasa Bunda lakukan saat sedang cemas dan stres?

Simak juga jus detoks penangkalĀ stres dalam video berikut ini, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi