sign up SIGN UP search


kehamilan

Seberapa Aman Ibu Hamil Minum Yakult?

Arina Jumat, 31 Jul 2020 08:00 WIB
Shot of an attractive young pregnant woman drinking an iced coffee while relaxing on the sofa at home caption
Jakarta -

Saat sedang hamil, Bunda disarankan ekstra hati-hati memilih makanan. Bahkan banyak Bunda yang mungkin bertanya bolehkah yakult untuk ibu hamil?

Seperti telur atau produk mentah mengandung bakteri Salmonella yang bisa menyebar ke plasenta dan membahayakan janin. Yakult juga mengandung bakteri, tapi termasuk bakteri baik atau probiotik yang diklaim bagus untuk kesehatan usus lho.

Yakult untuk Ibu Hamil

Dalam yakult terdapat probiotik atau bakteri baik. Dilansir Insider, probiotik mengandung mikroorganisme seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium tapi aman dikonsumsi ibu hamil.


Selama dikemas oleh sumber yang terpercaya, probiotik akan tetap berada di usus dan tidak menyebar ke janin, Bunda. Menurut beberapa penelitian, probiotik dianggap bisa membuat kehamilan lebih sehat.

"Probiotik aman dan sehat untuk dikonsumsi melalui makanan serta suplemen sepanjang kehamilan," ujar Ryann Kipping RDN, pendiri The Prenatal Nutritionist sekaligus penulis The Feel-Good Pregnancy Cookbook.

Dikutip dari Baby Centre, beberapa penelitian juga menunjukkan probiotik tertentu bisa meningkatkan pergerakan usus dan meredakan sembelit. Sebuah studi tentang wanita yang sering mengeluh sembelit saat hamil menemukan manfaat yang signifikan setelah mengonsumsi probiotik selama kurang lebih enam minggu.

minuman yakultBolehkan ibu hamil minum yakult/ Foto: istimewa

Tak hanya itu, manfaat probiotik lainnya untuk ibu hamil bisa mengurangi risiko infeksi vagina selama kehamilan. Bahkan bisa mengurangi risiko preeklampsia buat ibu hamil.

Sebuah studi yang dilakukan wanita hamil Norwegia dan diterbitkan dalam British Medical Journal 2018 menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik selama trimester ketiga kehamilan bisa mengurangi risiko preeklampsia.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Konsumsi Yakult untuk Ibu Hamil

Meski terbilang aman tapi dokter tidak disarankan untuk benar-benar merekomendasikan probiotik selama masa kehamilan. Tidak ada cukup bukti untuk menyarankan suplemen probiotik memberikan manfaat besar buat kehamilan.

Untuk itu, ibu hamil lebih disarankan mengonsumsi makanan alami yang mengandung probiotik dan tinggi nutrisi. Jadi, saat memakannya tidak membahayakan kehamilan karena bukan dari mikroorganisme probiotik itu sendiri.

Contoh makanan yang mengandung probiotik selain yakult, seperti susu dalam yogurt. "Susu menyediakan yodium, kalsium, protein, vitamin K2, D, B12, dan probiotik yang semuanya merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil," tambah Kipping.

Ada baiknya sebelum mengonsumsi makanan tertentu seperti yakult, diskusikan dengan dokter Bunda terlebih dahulu. Namun jika Bunda terbiasa mengonsumsi makanan probiotik, maka jangan takut mengambil yogurt atau yakult.

Bunda, simak juga yuk curhat dr.Reisa Broto Asmoro yang mengaku sengsara setelah melahirkan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi