sign up SIGN UP search


kehamilan

30 Ciri-ciri Hamil yang Sering Tak Disadari para Bunda

Salam Rahmad Senin, 17 Aug 2020 19:15 WIB
Young vomiting woman sitting on sofa. Pregnant blonde suffering with nausea. Pregnancy symptoms, expectation, parenthood concept caption
Jakarta -

Banyak Bunda yang sering kali tidak menyadari kehamilannya. Wajar kok, Bunda, karena awal kehamilan seringkali tidak menunjukkan gejala apapun.

Namun, ada juga yang mengaku awalnya mengira masuk angin atau sakit lambung. Sehingga minum obat sembarangan tanpa resep dokter. Wah, ini yang bahaya ya, Bunda, kalau tidak segera diantisipasi.

Bunda, sebenarnya bisa lho mengetahui tanda-tanda awal kehamilan. Selain telat menstruasi, umumnya ciri-ciri hamil ditandai dengan perubahan bentuk tubuh.


Bunda sedang hamil bisa merasakan beberapa gejalanya dari seluruh bagian tubuh. Seperti apakah sering mual dan pusing akhir-akhir ini? Coba saja tes dengan test pack, Bunda.

Dilansir Health, Christine Greves, MD, yang berbasis di Orlando menuturkan jika seorang wanita tidak menyadari kehamilannya, dia tidak hanya melewatkan minum vitamin prenatal yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anaknya, tapi dia juga dapat terus minum alkohol atau menggunakan obat-obatan yang membahayakan janin dan ibu hamil.

Young pregnant woman with headache sitting on sofa. Pregnancy symptoms, expectation, parenthood concept, copy spaceCiri hamil yang sering tak disadari/ Foto: iStock

Namun, kondisi yang dialami setiap ibu hamil tentu berbeda satu sama lain. Maka itu, tak ada salahnya Bunda mengetahui kehamilan dari awal untuk menjaga kesehatan janin dengan lebih baik lagi. Termasuk mengurangi aktivitas seperti yang dapat berakibat fatal pada masalah kesehatan janin.

Untuk Bunda yang penasaran apa saja ciri-ciri hamil yang sering tidak disadari, simak ulasan selengkapnya dikutip dari Parents, Mayo Clinic dan berbagai sumber lainnya:

1. Telat haid.

2. Morning sickness, seperti mengalami mual dan muntah.

3. Munculnya keputihan atau lendir serviks.

4. Hidung membengkak.

5. Munculnya melasma pada kulit wajah.

6. Mata sembab.

7. Rontoknya bulu mata dan alis.

8. Kulit wajah memerah.

9. Timbulnya jerawat di wajah.

10. Timbulnya freckles dan tahi lalat.

11. Warna mata berubah.

12. Bibir membengkak.

13. Kram perut.

14. Perut kembung.

15. Mudah lelah.

16. Muncul sedikit bercak darah.

17. Payudara terasa nyeri.

18. Perubahan warna puting.

19. Peningkatan frekuensi buang air kecil.

20. Sakit kepala.

21. Perubahan mood yang cepat.

22. Perut terasa kembung.


23. Sembelit.

24. Tidak nafsu makan.

25. Indra penciuman meningkat.

26. Perubahan suasana hati (emosional).

27. Perubahan suhu tubuh.

28. Gas dan sendawa.

29. Penglihatan kabur.

30. Carpel tunnel syndrome (CTS).

Bunda, simak juga yuk cerita dr.Reisa yang enggak sadar sedang hamil dan melakukan aktivitas ekstrem, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi