sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Tanda Awal Kehamilan, Salah Satunya Perut Sering Kembung Bun

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 15 Apr 2021 17:53 WIB
Happy pregnant mother touching and looking beautiful belly sitting on cozy bed at home. prenatal, pregnancy, motherhood, expect concept. Young pregnance girl care and love her baby. copy space caption

Jakarta - Pada minggu awal kehamilan, banyak para Bunda yang tidak menyadarinya. Apalagi jika Bunda memiliki jadwal menstruasi yang tidak teratur, sehingga saat tamu bulanan tak kunjung datang segera memeriksakan diri ke dokter.

Saat perut terasa kembung hingga sakit kepala, banyak Bunda yang cenderung berpikir bahwa itu adalah gejala Pre Menstrual Syndrome (PMS). Wah, padahal bisa saja hal tersebut adalah tanda-tanda awal kehamilan

Di minggu-minggu awal kehamilan, bukan saja janin yang tumbuh dan berubah, tetapi juga Bunda akan mengalami gejala kehamilan yang unik, seperti dikatakan Dr Roger Henderson dari Dr Fox Online Pharmacy.


Banner Anak Oki Setiana Dewi

Meski demikian, sebagian Bunda mungkin kerap tak menyadarinya dan menganggap ciri-ciri hamil tersebut sebagai gejala menjelang menstruasi, seperti dikutip dari laman Netdoctor. Henderson mengatakan, ada banyak ciri kehamilan yang pasti Bunda rasakan. Berikut di antaranya:

1. Payudara membesar

salah satu ciri-ciri hamil yang biasanya muncul di awal kehamilan yakni payudara yang mulai membesar, terasa lembut, dan bagian yang menggelap di areola.

"Ini dikarenakan tingkat hormon Bunda berubah dengan cepat setelah pembuahan, menyebabkan kelenjar di dalam payudara tumbuh dan mempersiapkan produksi ASI dan menyusui setelah lahir," katanya.

2. Cepat lelah

Kemudian, Bunda juga kemungkinan akan merasa cepat lelah. Ini merupakan ciri-ciri hamil yang kerap tak disadari banyak Bunda di luar sana. Gejala ini muncul dikarenakan adanya perubahan hormonal terutama peningkatan hormon progesteron meskipun faktor lain seperti tekanan darah rendah dan penurunan kadar gula dalam darah juga bisa ikut berperan.

3. Perut kembung

Ciri-ciri hamil berikutnya yakni Bunda biasanya merasakan perut kembung di awal kehamilan. Ya, kondisi ini lagi-lagi dikarenakan adanya peningkatan kadar progesteron ya, Bunda. 

Perlu Bunda tahu, progesteron menunda waktu yang dibutuhkan untuk mengosongkan perut setelah makan dan memperlambat keseluruhan jalan makanan melalui usus.

4. Mual tanpa muntah

Melansir dari Mayo Clinic, ciri-ciri hamil berikutnya yakni Bunda kerap mengalami mual dengan atau tanpa muntah. Kondisi inilah yang dinamakan morning sickness. Gejala ini bisa menyerang kapan saja lho, Bunda, baik itu siang ataupun malam dan seringkali dimulai satu bulan setelah Bunda hamil. Namun, sebagian Bunda merasakan gejala mual lebih awal dan sebagian tidak pernah mengalaminya. 

Apakah ada tanda awal kehamilan yang lain? Mungkin Bunda juga ikut merasakannya. Nah, untuk memastikannya klik di halaman selanjutnya ya!

Selain itu, Bunda juga bisa melihat video di bawah ini untuk mengetahui apakah mual jadi tanda hamil perempuan. Klik videonya ya!

[Gambas:Video Haibunda]



CIRI-CIRI KEHAMILAN YANG SERING TAK DISADARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi