sign up SIGN UP search


kehamilan

Manfaat dan Efek Samping Ibu Hamil Makan Edamame, Bunda Perlu Tahu

Annisa Afani Kamis, 08 Oct 2020 15:48 WIB
Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat lay caption
Jakarta -

Menjaga nutrisi tubuh agar tercukupi menjadi konsentrasi selama kehamilan ya, Bunda. Salah satu jenis makanan yang dikonsumsi saat hamil adalah edamame.

Edamame mengacu pada kedelai yang belum matang sepenuhnya, dan masih berada dalam polongnya. Edamame banyak dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Namun baru-baru ini, edamame menjadi salah satu makanan ringan yang digemari masyarakat dari negara lainnya.

Karena edamame kurang matang dibandingkan dengan kedelai, ini membuat ada beberapa kandungan nutrisi yang berbeda. Meski begitu, keduanya masih tetap menjadi sumber protein yang sehat dan nutrisi penting lainnya, Bunda.


Nilai gizi edamame

Dikutip dari Mom Junction, berikut nilai gizi dan nutrisi yang terkandung dari edamame:

  • Lemak: 2,5 gram (gr)
  • Serat: 9 gr
  • Karbohidrat: 13 gr
  • Protein: 11 gr

Selain itu, edamame juga memberikan persentase nilai harian lain seperti:

  • Zat besi: 10 persen
  • Kalsium: 4 persen
  • Vitamin C: 10 persen
  • Vitamin A 8 persen

Edamame juga merupakan sumber mangan, kalium, tembaga, fosfor, riboflavin, vitamin K, folat dan asam lemak omega-3 yang baik.

Makan edamame selama kehamilan umumnya cukup aman kok, Bunda. Berikut beberapa manfaat kesehatan makan edamame saat hamil:

1. Sumber protein nabati

Edamame adalah sumber protein nabati yang bagus, Bunda. Bagi wanita hamil yang mengikuti pola makan vegetarian atau vegan, maka dapat secara teratur makan edamame untuk memenuhi asupan proteinnya.

Selain itu, edamame juga menjadi sumber kalsium alternatif bagi wanita yang menderita intoleransi laktosa.

2. Rendah kalori

Semua kacang dan biji edamame kaya akan nutrisi dan rendah kalori, Bunda. Tubuh dapat memproses karbohidrat yang ditemukan dalam biji-bijian dengan kecepatan tetap. Oleh karena itu, mengonsumsi edamame bisa membantu menahan rasa lapar.

Porsi kecil dari biji dan kacang-kacangan seperti edamame dapat memberi Bunda campuran karbohidrat dan banyak antioksidan dalam satu kali makan.

Edamame is one of the popular Japanese cuisineEdamame/ Foto: iStock

3. Kaya folat

Edamame adalah sumber folat yang baik yang berfungsi meminimalkan risiko cacat lahir pada janin dan mengurangi risiko persalinan prematur. Kedelai dalam segala bentuk termasuk edamame ini menjadi sumber vitamin esensial yang baik bagi ibu hamil dan yang tengah menjalankan program hamil (promil).

Efek samping edamame

Meski makan edamame baik untuk kesehatan bagi ibu hamil, namun ada beberapa efek samping yang mungkin dialami sebagian bumil, di antaranya:

1. Alergi

Ibu hamil dengan alergi kedelai sudah jelas tidak diizinkan untuk mengonsumsi edamame atau kedelai dalam bentuk apapun, Bunda. Tanda-tanda alergi edamame bisa ditandai dengan mual, gatal-gatal, diare, dan kulit memerah

2. Resiko pendarahan

Ibu hamil yang bergantung pada obat pengencer darah harus menahan diri dari makanan produk kedelai karena dapat meningkatkan risiko perdarahan, Bunda. Selain itu, jika Bunda mengonsumsi obat antidepresan, maka harus menahan diri untuk tidak mengonsumsinya.

3. Masalah pencernaan

Makan produk kedelai dalam jumlah banyak dapat menghasilkan efek samping seperti diare, sembelit dan kram perut.

4. Masalah reproduksi

Semua produk kedelai termasuk edamame mengandung estrogen nabati dalam jumlah besar seperti isoflavon, Bunda. Menurut sebuah penelitian, paparan estrogen pada neonatal dapat berdampak buruk pada kesehatan reproduksi wanita di kemudian hari.

Fakta lainnya menyatakan bahwa paparan bahan kimia estrogenik pun dapat memengaruhi anak perempuan mulai dari tahap janin hingga remaja.

5. Masalah kesuburan

Terdapat risiko ibu hamil mengonsumsi kedelai hasil rekayasa genetika alih-alih kedelai organik, Bunda, Tanaman hasil rekayasa genetika ini bisa meningkatkan risiko masalah kesuburan dan dapat memengaruhi kesehatan reproduksi.

Bunda, simak juga 14 ciri hamil yang jarang diketahui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi