sign up SIGN UP search


kehamilan

Alasan Ibu Hamil Disarankan Tidur Miring ke Kiri, Benarkah Janin Tak akan Tertekan?

Melly Febrida   |   Haibunda Senin, 13 Jun 2022 13:40 WIB
Shot of a pregnant woman sleeping on a bed at home caption

Ibu hamil (bumil) disarankan tidur miring ke sisi kiri. Apa ini berhubungan dengan yang dirasakan janin jika bumil tidur miring ke kiri? Ternyata itu semua karena ada alasan medisnya. 

Saat janin tumbuh besar selama kehamilan, secara alami bayi mulai memberi tekanan yang lebih besar pada organ dalam dan pembuluh darah Bunda.  

Tidur miring ke kiri juga mengurangi tekanan pada hati dan ginjal bumil. Ini berarti lebih banyak ruang untuk berfungsi dengan baik, membantu mengatasi masalah pembengkakan di tangan, pergelangan kaki, dan kaki.


Menurut Dr. Grace Pien, asisten profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins, bagian pentingnya adalah vena cava inferior (IVC) ibu, vena besar yang membentang di sepanjang sisi kanan tulang belakang dan bertanggung jawab untuk mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung.

"Jika seorang wanita hamil berbaring telentang, janin lebih mungkin menekan vena cava inferior, mengurangi jumlah darah yang kembali ke jantung," kata Pien dikutip dari Live Science.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 Tahun

 Jika kehamilan Bunda sehat-sehat saja dan tidak bisa tidur miring ke kiri, tak perlu khawatir jika miring ke kanan. Menurut Pien, itu lebih baik bagi ketimbang bumil jadi tak bisa tidur. Dampaknya  jauh lebih buruk untuk kehamilan daripada sedikitnya risiko kompresi IVC saat berbaring di sisi kanan.

"Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang tidak cukup tidur - kurang dari 5 atau 6 jam tidur malam - mungkin berisiko lebih tinggi untuk hal-hal seperti diabetes gestasional, dan berpotensi untuk hal-hal seperti preeklamsia,

"Cukup tidur sangat penting untuk kehamilan," tegasnya.

ilustrasi ibu hamil tidurAlasan Ibu Hamil Disarankan Tidur Miring ke Kiri, Benarkah Janin Tak akan Tertekan?/ Foto: iStock

Untuk menemukan posisi tidur yang nyaman selama kehamilan, bumil dapat berguling-guling untuk mendapat posisi tidur yang nyaman. Hal terbaik yang harus dilakukan bumil yakni mendengarkan tubuhnya. "Tubuh ibu sebagian besar akan memberi tahu apa yang nyaman," kata Sara Lyon, pakar persalinan dan doula dikutip dari Romper.

Contohnya saja, jika vena cava tertekan, bumil akan merasa mual dan pusing seperti akan pingsan meski sudah berbaring. Jika seperti ini, bumil dapat berguling ke sisi lain untuk meringankan gejala dan menyegarkan aliran darah dengan cepat.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 manfaat bantal hamil untuk Bunda. 

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Alasan Ibu Hamil Disarankan Tidur Miring ke Kiri, Benarkah Janin Tak akan Tertekan?/YANG DILAKUKAN JANIN SAAT BUMIL TIDUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!