sign up SIGN UP search


kehamilan

Ciri-Ciri Hamil 2 Minggu, Lihat Perubahan Payudara hingga Miss V

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 30 Sep 2020 15:16 WIB
Pregnant woman drinking water in the morning caption

Awal kehamilan seringkali tak disadari banyak Bunda di luar sana. Apalagi, kalau cuma mengandalkan jadwal menstruasi yang telat seringkali tidak akurat. 

Saat kehamilan menginjak usia 2 minggu, sebenarnya banyak gejala yang dapat terjadi. Namun, seringkali tak banyak yang menyadarinya dan menganggap hal tersebut bukanlah ciri-ciri kehamilan.

"Gejala awal kehamilan berkisar dari yang lebih jelas seperti tes kehamilan awal yang positif, hingga yang kurang diketahui., Seperti rasa aneh dan kembung,"kata Dr Amin Gorgy, konsultan kesuburan dan juga Direktur The Fertility & Gynaecology Academy, seperti dikutip dari laman Madeformums.


Dr Gorgy menambahkan memang gejala pastinya dan tingkat keparahan antar ibu hamil berbeda. Tetapi, pastinya ada banyak sekali tanda ataupun ciri-ciri hamil 2 minggu yang bisa ditandai.

Tanda-tanda utama secara umum biasanya mempengaruhi area fisik tubuh yang berbeda, seperti payudara, kepala, atau perut hingga emosi berbeda yang mungkin Bunda rasakan.

Perubahan pada payudara sebenarnya dapat dimulai dalam 1 hingga 2 minggu setelah pembuahan, kata Dr Larisa Corda, seorang obgyn dan konsultan IVF. Selain itu, hormon kehamilan juga bisa membuat payudara bengkak dan sakit atau juga terasa lebih berat dan lebih penuh serta lebih lembut saat disentuh.

Kemudian, Bunda juga mungkin merasakan puting mulai terasa sakit, kesemutan, atau menonjol lebih dari biasanya. Serta, bagian areola atau bagian hitam di sekitar puting menjadi lebih gelap dan lebih besar.

Melansir Baby Centreciri-ciri hamil 2 minggu selain ditandai dengan menstruasi yang terlewat. Bisa juga ditandai dengan perubahan warna pada vulva dan vagina. Vulva dan vagina dalam kondisi ini akan menjadi lebih gelap dan mungkin memiliki semburat biru atau ungu saat kehamilan berlanjut.

Perubahan ini disebabkan oleh peningkatan jumlah darah yang disuplai ke jaringan di sekitar vagina. Selain itu, ada kemungkinan juga terlihat perbedaan pada keputihan yang dialami. 

Sangat umum terjadi keputihan lebih banyak saat hamil. Biasanya tidaklah berbahaya dan tidak jauh berbeda dengan cairan yang keluar sebelum hamil. Tetapi, jumlah cairan ini akan meningkat untuk mencegah infeksi menyebar ke vagina. 

Nah, kurang lebih itulah ciri-ciri hamil 2 minggu yang bisa Bunda tandai ya. Semoga membantu!

Simak juga ciri kehamilan dilihat dari perubahan kulit seperti dalam video berikut yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi