sign up SIGN UP search


kehamilan

Keputihan Setelah Berhubungan Seksual, Apakah Tanda Hamil?

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 07 Oct 2020 09:42 WIB
Woman With Abdomen Problems in Bed, She Use Hands to Massage Painful Place. People with diarrhea problem concept. Woman with menstrual pain caption

Keputihan bukanlah hal yang aneh bagi wanita. Setiap bulannya, mungkin Bunda juga merasakan keputihan ketika menjelang menstruasi dan juga sesudah menstruasi.

Nah, tetapi ada juga nih, Bunda yang bertanya-tanya mengapa keputihan bisa keluar sangat banyak. Sebab, kemunculan keputihan seringkali dialami mereka setelah berhubungan intim dengan pasangan. Dan, keputihan ini pun kerap dicurigai sebagai awal tanda hamil. Wah, benar seperti itu enggak ya, Bunda? 

Melansir Parents, keputihan memang menjadi salah satu hal yang dirasakan di awal kehamilan. Tetapi, yang perlu diperhatikan saat keputihan mengalami peningkatan sesegera mungkin setelah Bunda hamil.


Adanya peningkatan keputihan selama kehamilan memang hal wajar. Biasanya, kondisi ini dikarenakan tubuh Bunda mulai memompa keluar ekstra estrogen dan progesteron, di mana memicu aliran sekresi vagina yang lebih banyak.

"Kehamilan merupakan waktu yang sehat bagi tubuh. Ada banyak perubahan kecil yang terkadang mengganggu dirasakan. Tetapi itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan," ujar Elizabeth G. Stewart, MD, salah satu penulis The V Book.

Di awal kehamilan, peningkatan keputihan memang akan dirasakan para Bunda. Meskipun beberapa perubahan pada keputihan dapat dikaitkan dengan hal lain juga.

Keputihan yang berwarna putih susu dan berbau ringan, atau bahkan terkadang tidak berbau banyak dialami wanita pada awal kehamilannya, seperti dikutip dari laman Whattoexpect.

Jumlahnya kemungkinan pun akan meningkat seiring dengan perkembangan kehamilan Bunda. Cairan keputihan ini mirip dengan yang Bunda alami di antara waktu menstruasi, hanya saja sedikit lebih kental. Itulah yang menandakan bahwa ada kehamilan yang Bunda alami.

Bunda tidak perlu khawatir, karena keputihan memiliki tujuan penting selama kehamilan. Di mana keputihan akan bantu menghilangkan sel-sel mati dari vagina, melindungi jalan lahir dari infeksi, dan menjaga keseimbangan bakteri yang sehat di dalam vagina.

Jadi, Bunda dapat memperhatikan perubahan keputihan yang dialami terlebih dahulu ya, apakah menunjukkan tanda-tanda seperti di atas. Kalau memang Bunda ingin memastikan hamil atau tidak, tak ada salahnya menggunakan alat tes kehamilan agar lebih akurat.

Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk, mitos atau fakta bahwa timun bisa menyebabkan keputihan seperti ulasan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi