sign up SIGN UP search


kehamilan

Perubahan Tubuh yang Bunda Rasakan Saat Hamil 2 Minggu

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 05 Oct 2020 13:04 WIB
Beautiful pregnant woman drinking coffee indoors. caption

Banyak Bunda yang tidak menyadari awal kehamilannya, sehingga terlambat memeriksakan kandungannya ke dokter. Namun sebenarnya, perubahan tubuh ibu hamil mulai bisa dirasakan sejak usia dua minggu.

Di usia kandungan 2 minggu, gejala yang Bunda rasakan memang masih samar. Pada kehamilan 2 minggu, biasanya yang dirasakan masih samar-samar sehingga wajar banyak Bunda yang tak sadar kalau dirinya hamil. Saat kehamilan terhitung 2 minggu, tubuh Bunda bersiap-siap untuk berovulasi.

Melansir Very Well Family, saat Bunda mendekati ovulasi, ada perubahan pada serviks yang dirasakan. Di mana pada kondisi ini, serviks Bunda menjadi tinggi, lunak, dan sedikit terbuka. Selain itu, lendir serviks yang tadinya kental dan lengket kini mulai menipis dan jernih seperti putih telur mentah.


Lendir serviks yang encer dan berwarna putih telur tersebut memungkinkan sperma bertahan dan berenang-renang menuju sel telur yang akan segera dikeluarkan.

"Sebelum Bunda berovulasi, kadar estrogen akan naik, yang menipiskan lendir serviks. Lendirnya terlihat hampir seperti putih telur segar, seperti gel putih bening. Ini merupakan petunjuk besar bahwa ovulasi akan terjadi dalam beberapa hari mendatang,"kata Allison Hill, MD, seorang obgyn.

Oh ya, Bunda, saat ovulasi mendekat, hormon estrogen juga meningkat. Meningkatnya estrogen ini akan menyebabkan perubahan air liur. Jika dilihat di bawah mikroskop, air liur tidak subur yang mengering tampak seperti titik dan garis. Sedangkan air liur kering yang subur, memiliki pola pakis atau daun palem. Penelitian menunjukkan hubungan antara air liur pakis dan ovulasi.

Di luar tanda-tanda di atas, saat hamil 2 minggu, apa yang dirasakan Bunda lagi ya? Nah, biasanya di fase ini Bunda juga akan merasakan sensasi kesemutan di payudara terutama di sekitar puting. Ini biasanya terjadi karena hormon kehamilan meningkatkan suplai darah ke payudara, seperti dikutip dari laman Baby Centre.

Tanda hamil 2 minggu lainnya yang dirasakan yakni Bunda akan merasakan keputihan yang lebih banyak. Ini memang wajar terjadi ya Bunda karena keputihan memang akan lebih banyak saat hamil. 

Selain itu, Bunda juga biasanya mengalami bercak yang tidak menimbulkan rasa sakit. Ini merupakan bercak kehamilan yang sangat awal terjadi, di mana kemungkinan disebabkan oleh sel telur yang dibuahi yang ditanamkan di rahim Bunda atau hormon yang mengontrol menstruasi

Itulah beberapa gejala yang muncul dan Bunda rasakan saat hamil 2 minggu. Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk tanda kehamilan yang sering tidak disadari dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi