sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Manfaat Tak Terduga Seks untuk Ibu Hamil, Selain Melancarkan Persalinan

Asri Ediyati Senin, 09 Nov 2020 19:03 WIB
Happy couple in the bedroom in the morning, standing in the open window. Man embracing her pregnant wife. caption
Jakarta -

Mungkin Bunda pernah konsultasikan seks saat hamil ke dokter kandungan. Kebanyakan jawaban dokter pasti mendukung jika Bunda hamil dalam kondisi yang sehat.

Salah satu manfaat yang sering kita dengar adalah melancarkan persalinan, terutama ketika berhubungan seks di trimester tiga. Nah, ternyata ada manfaat tak terduga dari seks saat hamil, lho.

Apa saja manfaat tak terduga seks untuk ibu hamil? Simak pemaparan berikut ini:


1. Menjaga daya tahan tubuh ibu hamil

Saat hamil, daya tahan perempuan menjadi lebih rendah. Dengan seks aman yang dilakukan di trimester dua dan tiga, bisa menjaga daya tahan tubuh ibu hamil.

"Orang yang aktif secara seksual membutuhkan lebih sedikit hari sakit," kata Yvonne K. Fulbright, PhD, seorang ahli kesehatan seksual.

Para peneliti di Wilkes University di Pennsylvania menemukan bahwa perempuan yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu, memiliki tingkat anti-bodi tertentu yang lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang jarang berhubungan seks.

2. Meningkatkan kontrol kandung kemih

Dilansir Parenting Firstcry, salah satu manfaat terbesar seks selama kehamilan, terutama pada trimester 3 adalah memperkuat otot dasar panggul. Seks secara teratur selama kehamilan membuat otot-otot ini kencang dan kuat untuk menghadapi tugas berat persalinan normal.

Jadi, saat Bunda mengalami orgasme, itu menyebabkan kontraksi pada otot-otot itu, yang memperkuatnya. Nah, dasar panggul yang kuat penting untuk menghindari inkontinensia, sering buang air kecil.

3. Menurunkan tekanan darah

Di trimester tiga, ibu hamil bisa saja mengalami kondisi di mana tekanan darahnya mendadak tinggi. Menurut Joseph J. Pinzone, MD, penelitian menunjukkan adanya hubungan antara seks dan tekanan darah rendah.

"Satu studi penting menemukan bahwa hubungan seksual secara khusus (bukan masturbasi) menurunkan tekanan darah sistolik," kata Pinzone.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Tak dipungkiri lagi, saat hamil trimester 3, ibu hamil mulai sulit tidur. Namun, seks bisa membantu mengatasi permasalahan ini. Bunda mungkin tertidur lebih cepat setelah berhubungan seks, dan untuk alasan yang bagus.

"Setelah orgasme, hormon prolaktin dilepaskan, yang bertanggung jawab atas perasaan rileks dan kantuk setelah berhubungan seks," kata Sheenie Ambardar, MD, dikutip dari WebMD.

Ini mungkin sebabnya dokter kandungan mendukung ibu hamil trimester tiga yang sehat untuk rutin berhubungan seks.

5. Meredakan stres

Dekat dengan pasangan Bunda dapat meredakan stres dan kecemasan jelang persalinan. Ambardar mengatakan sentuhan dan pelukan dapat melepaskan 'hormon perasaan-enak' alami tubuh Anda.

"Gairah seksual melepaskan zat kimia otak yang meningkatkan sistem kesenangan dan reward otak Anda," kata Ambardar.

Seks dan keintiman juga dapat meningkatkan self esteem dan kebahagiaan ibu hamil. Menurut Ambardar, seks bukan hanya resep untuk hidup sehat, tapi juga bahagia.

Simak juga video tentang pilates pasca melahirkan:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi