sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Penyebab Perut Bumil Terasa Kencang di Trimester 3, Bisa karena Orgasme

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 06 Dec 2020 20:51 WIB
Pregnant woman caption

Jakarta - Memasuki trimester 3 kehamilan , seringkali perut terasa mulas dan bahkan terasa kencang. Tapi ini, bukan berarti Bunda selalu sedang mengalami kontraksi ya. Hmmm, apa ya kira-kira penyebabnya? Cari tahu yuk, Bunda!

Perut kencang sebenarnya sudah dapat dirasakan pada awal trimester pertama saat rahim Bunda tumbuh. Kemudian, saat kehamilan berlanjut, hal tersebut mungkin menjadi tanda kemungkinan keguguran di minggu-minggu awal. Atau, bisa jadi adanya risiko persalinan prematur jika belum waktunya melahirkan, seperti dikutip dari laman Healthline.

Sementara itu, perut yang kencang juga mesti diwaspadai ya, Bunda. Sebab, pengencangan perut yang menyakitkan merupakan tanda keguguran. Keguguran tersebut biasanya terjadi sebelum minggu ke-20 meskipun paling sering terjadi sebelum minggu ke-12.


Bunda juga perlu waspada ya, perut yang kencang di trimester 3 biasanya menjadi tanda persalinan. Sehingga, bisa pula dibarengi dengan tanda-tanda persalinan lainnya yang semakin kuat seiring waktu.

"Mungkin sesekali Bunda akan mengalami perut yang kencang di mana membuat ketidaknyamanan di perut. Tetapi, begitulah rahim Bunda yang bekerja bersama untuk babak akhir menuju persalinan," ujar Paul du Treil, M.D, Direktur Kesehatan Ibu dan Anak di New Orleans, dikutip dari laman Parents.

Di luar tanda persalinan, perut yang kencang di trimester 3 juga dapat disebabkan karena adanya persalinan dini yang mungkin terjadi di minggu 36 kehamilan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan pola dinding rahim yang bengkok atau kencang yang tidak kunjung hilang. 

Jika perut yang kencang atau kontraksi Bunda rasakan selama beberapa jam berturut-turut, ada baiknya Bunda segera mendatangi dokter untuk segera dilakukan evaluasi lebih lanjut. 

Selain itu, penyebab perut kencang di trimester 3 juga dapat disebabkan beberapa hal berikut, Bunda. Simak yuk apa saja penyebabnya di halaman berikut. Klik NEXT ya.

Banner Alat KontrasepsiFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Bunda, simak juga yuk teknik Rebozo untuk melancarkan persalinan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Penyebab perut kencang di trimester 3
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!