sign up SIGN UP search


kehamilan

Cara Memastikan Pemakaian Alat Tes Kehamilan Akurat

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 29 Dec 2020 20:09 WIB
Worried girl after looking a pregnancy test. Shallow DOF. Developed from RAW; retouched with special care and attention; Small amount of grain added for best final impression. 16 bit Adobe RGB color profile. caption

Jakarta - Alat tes kehamilan menjadi andalan banyak Bunda untuk mengetahui apakah sedang hamil atau tidak. Sayangnya, seringkali banyak Bunda yang menggunakannya dengan tidak benar sehingga hasil yang ditunjukkan tidak akurat.

Melansir dari Medical News, alat tes kehamilan bekerja dengan mengukur jumlah hormon HCG. Tingkat HCG sendiri sebagaimana Bunda tahu memang meningkat selama kehamilan.

HCG sendiri dikenal sebagai hormon kehamilan karena diproduksi oleh sel-sel yang membentuk plasenta dan memberikan nutrisi pada embrio yang sedang tumbuh. 


HCG dilepaskan ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. HCG juga dapat hadir dalam darah dan urine sekira 10 hingga 14 hari setelah pembuahan. Kemudian, levelnya akan memuncak antara 8 hingga 11 minggu kehamilan.

Pada hasil HCG negatif biasanya akan menunjukkan tingkatnya kurang dari 6 mIU/ml. Dan HCG positif untuk kehamilan yakni lebih dari dari atau sama dengan 25 mIU/ml.

Berbicara mengenai penggunaan alat tes kehamilan, Bunda sendiri memang dapat melakukannya di rumah. Dalam tes di rumah akan melibatkan urine pada strip alat tes kehamilan. Hasilnya pun akan siap dalam waktu sekitar 1 hingga 2 menit meskipun merek alat tes kehamilan akan berbeda satu sama lain.

Setiap merek alat tes kehamilan memiliki caranya sendiri dalam memberikan hasil. Jadi, penting sekali bagi Bunda untuk membaca sisipan informasi di dalam kemasan untuk mengetahui cara memahami hasil.

Alat tes kehamilan biasanya dijual dalam bentuk strip atau kertas yang bisa digunakan untuk menguji urine Bunda dalam mengukur kadar HCG, hormon yang dilepaskan selama kehamilan.

"Setelah sperma dan sel telur bertemu di tuba falopi, sel telur menempel pada rahim dan mulai mengeluarkan hormon kehamilan ini," kata Norman Tomaka, seorang apoteker di Florida dan jubir dari American Pharmacists Association, seperti dikutip dari laman Healthusnews.

Simak pembahasan berikutnya di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga yuk ciri hamil seperti dijelaskan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Lesti KejoraFoto: Mia Kurnia Sari
(rap/rap)
Cara Memastikan Pemakaian Alat Tes Kehamilan Akurat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi