sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Mau Coba Alat Tes Kehamilan Rumahan, Seberapa Akurat Hasilnya?

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 26 May 2021 07:00 WIB
zero waste eco friendly cleaning concept. wooden brushes, lemon, baking soda, vinegar caption

Jakarta - Alat tes kehamilan rumahan atau buatan sendiri semakin populer dan banyak dicoba. Hmm, seberapa akurat ya sebenarnya saat digunakan, Bunda?

Alat tes kehamilan merupakan alat bantu untuk mendeteksi adanya kehamilan. Idealnya, produk alat tes kehamilan akan bereaksi terhadap human chorionic gonadotropin (hCG), hormon yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan yang dapat dideteksi oleh darah dan tes kehamilan yang dijual bebas.

Tetapi, beberapa orang lebih nyaman menggunakan alat tes kehamilan buatan sendiri. Apakah alat tes kehamilan tersebut juga dapat menjanjikan hasil yang akurat dan benar-benar berhasil ya, Bunda?


Melansir dari Parents, alat tes kehamilan buatan sendiri sebenarnya cukup aman meskipun dokter menyarankan agar bleach pregnancy test tidak dilakukan karena dapat menimbulkan asap yang berpotensi membahayakan. Di samping itu, para ahli juga tidak percaya bahwa alat tes kehamilan buatan sendiri benar-benar berfungsi.

"Ketika seseorang melakukan tes kehamilan yang telah divalidasi dan diuji keakuratannya, saya tahu persis apa yang diukur. Dengan alat tes kehamilan buatan sendiri, tidak jelas bagi saya bagaimana cara kerjanya," ujar Carmen Wiley, Ph.D, seorang ahli kimia klinis di Washington, DC.

Wiley menambahkan, tidak seperti produk rumahan, alat tes kehamilan yang dijual bebas mengandung antibodi yang dirancang untuk menangkap hCG. Lalu, biasanya ada antibodi kedua yang memancarkan warna, dan deteksi.

Melakukan tes kehamilan buatan sendiri untuk bersenang-senang yang terbuat dari garam, cuka, pemutih, dan pasta gigi, bukanlah masalah. Tetapi, dokter memperingatkan bahwa jika hanya mengandalkan hasil tersebut tidaklah direkomendasikan.

Banyak alat tes kehamilan di rumah yang mengklaim akurat. Namun, ada baiknya Bunda mendapatkan hasil yang akurat dengan alat tes kehamilan yang memang benar-benar menjanjikan hasil yang valid.

Informasi lebih lengkap klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk faktor yang menyebabkan keguguran dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



WAKTU TERBAIK UNTUK LAKUKAN TES KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi