sign up SIGN UP search


kehamilan

Peluang Hamil Setelah Melakukan Tes HSG, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 15 Dec 2020 14:34 WIB
Happy Doctor Discussing With Couple In Clinic caption

Kebahagiaan menggendong bayi sesegera mungkin setelah menikah mungkin tak bisa dirasakan sebagian pasangan. Atas berbagai alasan, sebagian pasangan suami istri seringkali sulit hamil meski sudah mencoba berulang kali.

Permasalahan tersebut memang bisa dikarenakan berbagai faktor. Salah satunya masalah infertilitas. Dalam kondisi ini, HSG menjadi salah satu pilihan pengobatan yang bisa ditempuh. 

HSG merupakan langkah yang perlu ditempuh bagi wanita yang mengalami kesulitan hamil. Biasanya, telur yang diproduksi oleh ovarium melewati saluran halus dan sempit yang disebut saluran tuba untuk mencapai rahim.


Setelah melakukan tes HSG, akan diketahui apakah tabung tersebut terbuka atau tersumbat. Jika salah satu atau kedua tabung ini tersumbat, maka kemungkinan hamil jauh berkurang, seperti dikutip dari laman Evidentylycochrane.

Melansir Parenting First Cry, HSG atau hysterosalpingogram merupakan prosedur yang menggunakan rontgen untuk memeriksa rahim wanita guna melihat apakah saluran tuba Bunda bersih atau tidak. 

Prosedur sinar X ini melibatkan pemberian warna yodium melalui serviks ke dalam rahim untuk mengambil gambar. Seluruh prosedur biasanya memakan waktu kurang dari 10 menit dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Dalam tes HSG, pewarna, biasanya yodium, disuntikkan ke dalam rahim wanita melalui serviks dan kemudian gambar sinar X diambil. Pewarna dapat mencapai saluran tuba dan memberikan gambar yang lebih jelas kepada dokter. Ini memungkinkan untuk menentukan penyebab infertilitas dengan lebih akurat," ujar Dr.Sabiha Anjum selaku obgyn dari Kurnool Medical College.

Dari tes HSG juga, ketika ada cedera atau penyumbatan yang terjadi di dalam tabung, hal tersebut akan terlihat pada gambar yang diambil setelahnya. Hal inilah yang memudahkan untuk menemukan penyebab infertilitas dan mengobatinya dengan tepat.

Tes HSG sendiri utamanya ditujukan untuk tujuan diagnostik. Sehingga, tes ini dapat meningkatkan kemungkinan hamil secara alami pada wanita yang tidak subur. 

Tingkat kehamilan setelah tes HSG diyakini sekira 2 hingga 3 kali lebih tinggi dari wanita yang belum pernah menjalani tes ini sebelumnya. Tes ini sendiri bukanlah pengobatan untuk infertilitas tetapi dilakukan hanya untuk mengetahui penyebab infertilitas.

Meskipun tes HSG bukanlah pengobatan untuk infertilitas dengan cara apa pun, wanita infertil memiliki peluang lebih besar untuk hamil setelah menjalani tes ini.

Jadi, tak ada salahnya mencoba guna meningkatkan peluang hamil ya, Bunda. Semoga membantu, Bunda!

Simak juga yuk tips cepat hamil dari dokter Reisa dalam video di bawah ini: 

[Gambas:Video Haibunda]

Banner dapur rumah minimalis



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi