sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Cara Mengetahui Masa Subur agar Bunda Cepat Hamil

Rabu, 23 Dec 2020 13:17 WIB
Young woman hand holding Ovulation test strip with calendar and red clock in background. Positive result. It is a time for baby.Gynecology concept Cara hitung masa subur agar cepat hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Micolino
Jakarta -

Bunda ingin cepat hamil? Salah satu yang penting dilakukan adalah mengetahui dengan benar siklus menstruasi masing-masing.

Masa subur Bunda sangat dipengaruhi oleh siklus menstruasi. Pada siklus yang teratur, masa subur Bunda bisa dihitung dengan sistem perhitungan kalender haid.

Siklus haid yang teratur, umumnya terhitung 28 hari selama 3 bulan yang teratur. Sedangkan masa subur pada siklus teratur terjadi pada hari ke-14. Artinya di hari ke-14, Bunda dan Ayah dapat memanfaatkannya untuk berhubungan seksual agar terjadi konsepsi dan cepat hamil.


Pada siklus haid tidak teratur atau lebih dari 28 hari, Bunda dapat menggunakan perhitungan dengan rumus Neagle. Perhitungan ini akan mencari nilai rata-rata siklus haid tiga bulan untuk mengetahui masa subur Bunda.

Contoh perhitungan masa subur dengan rumus Neagle

Misalnya, siklus haid dalam tiga bulan adalah 34, 35, 36 hari. Ketiganya lalu dijumlahkan dan diambil nilai rata-rata. Untuk mendapatkan masa subur, nilai rata-rata ini harus dikurangi 14.

Jumlah siklus haid dalam tiga bulan: 34 + 35 + 36 = 105

Nilai rata-rata tiga bulan: 105 : 3 = 35

Masa subur Bunda: 35 - 14 = 21

Artinya, masa subur Bunda dengan siklus haid tidak teratur atau lebih dari 28 hari adalah di hari ke-21. Bunda dapat berhubungan di waktu ini agar cepat hamil.

Waktu tepat berhubungan seksual

Bunda bisa berhubungan seksual tepat di waktu masa suburnya. Pada siklus haid teratur adalah hari ke-14.

Namun, karena masa subur belum tentu tepat sesuai perhitungan, kita bisa mencuri waktu untuk berhubungan seksual. Catat, Bunda, waktu tersebut adalah dua hari sebelum dan sesudah masa subur.

Bila masa subur adalah hari ke-14, Bunda bisa berhubungan seksual di hari ke-12, 14, dan 16. Penting juga diingat, supaya sperma Ayah jumlahnya lebih banyak dan Bunda cepat hamil, berhubungan seksual bisa di jeda, antara satu sampai dua hari. Jadi, hindari berhubungan seksual setiap hari ya!

Masa subur bisa tentukan jenis kelamin bayi?

Tahukah Bunda, bahwa berhubungan seksual diĀ masa subur bisa meningkatkan peluang hamil anak laki-laki? Ya, berhubungan di masa subur bisa berpengaruh pada jenis kelamin bayi.

Kemungkinan Bunda bisa hamil anak laki-laki, jika berhubungan seksual di rentan waktu masa subur tersebut (siklus haid teratur 28 hari, masa subur di hari k-12, 14, 16).

Namun, perlu diingat juga bahwa keberhasilan hamil bayi laki-laki ini tergantung dengan sperma Ayam. Sperma yang membawa anak laki-laki umumnya berumur pendek. Sedangkan, sperma yang membawa anak perempuan, usianya panjang.

Jika Bunda berhubungan di luar waktu masa subur ini, peluang hamil anak perempuan lebih besar dibandingkan anak laki-laki.

Bagaimana cara mengetahui masa subur dengan jelas? Simak di halaman selanjutnya!

Bunda, jangan lewatkan juga informasi mengenai haid tidak teratur dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner YouTube Sacha
(rap/rap)
4 Cara mengetahui masa subur Bunda
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi