sign up SIGN UP search


kehamilan

Menghitung Tendangan Janin dan Memahami Sinyal yang Diberikan

Erni Meilina Sabtu, 02 Jan 2021 18:14 WIB
Pola Aktivitas Gerakan Janin
Beautiful pregnant woman drinking coffee indoors. caption

Pola aktivitas gerakan janin tidak konstan selama kehamilan. Seorang Obgyn, Dr. Lji Thomas mengatakan, “Dari minggu ke-20 hingga ke-36 atau ke-37, sebagian besar pergerakan lemah, pada awalnya. Pergerakan janin yang lemah ini akan berkurang secara bertahap, tetapi digantikan dengan pergerakan janin yang semakin kuat dan bergulir meningkat. Dari minggu ke 36 atau 37 hingga jangka waktu penuh, gerakan kuat dan bergulir ini berkurang lagi, sementara pergerakan yang lemah akan kembali meningkat meningkat,” ungkapnya dikutip dari News Medical Net.

Liji  juga menjelaskan, irama aktivitas janin memiliki ritme waktu hari dan aktivitas tidurnya sendiri. Janin seringkali paling aktif antara jam 9 pagi, jam 2 siang, dan jam 7 malam sampai jam 4 pagi. Pada bulan-bulan terakhir kehamilan, bayi paling banyak menendang selama tidur ringan.

Terkadang janin kurang bergerak selama siklus tidurnya. Setiap siklus berlangsung selama 20 hingga 40 menit secara keseluruhan, tetapi dapat berlangsung hingga 90 menit. Siklus aktivitas istirahat janin tidak sinkron dengan siklus Bunda.


Para Bunda biasanya merasakan gerakan janin paling baik saat dia berbaring miring ke kiri, atau duduk dengan kaki terangkat, dan berkonsentrasi pada gerakan tersebut. Saat Bunda sibuk, Bunda mungkin tidak menyadarinya.

Nyeri akibat gerakan bayi bisa sangat bervariasi juga, Bunda, dalam hal ini baik intensitas dan durasinya.  Jadi, jangan heran jika Bunda mulai merasakan sensasi baru. Hal ini sangat umum untuk merasa tidak nyaman di perut Bunda. Rasa sakit juga bisa terasa pendek dan tajam, seperti perasaan dicubit. Tidak jarang Bunda-bunda melaporkan bahwa sakitnya yang sangat tajam dan menyakitkan di sekitar vagina.

Ingatlah bahwa rasa sakit yang disebabkan oleh gerakan bayi Bunda tidak perlu dikhawatirkan dan lebih mungkin disebabkan oleh peregangan ligamen dan rahim yang membesar. Namun jika rasa sakitnya parah dan berlangsung untuk sementara waktu, pastikan untuk menghubungi dokter Bunda atau sampaikan pada konsultasi yang sudah dijadwalkan ya, Bun.

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!