sign up SIGN UP search


kehamilan

Tanda-tanda Hamil 1 Hari, Mitos atau Benar Adanya?

Tim HaiBunda Jumat, 08 Jan 2021 15:04 WIB
young woman who makes a heart shape by hands on her stomach. caption
Jakarta -

Bunda barangkali pernah atau malah sering mendengar cerita wanita yang sudah merasakan tanda kehamilan, bahkan sebelum mereka terlambat datang bulan. Tak hanya itu, ada juga cerita bahwa mereka mengalami tanda-tanda hamil 1 hari.

Hmm, apakah benar ada tanda-tanda hamil yang bisa langsung dirasakan hanya dalam 1 hari saja? Mari kita bedah tanda-tandanya berikut ini untuk mengetahui apakah tanda tersebut benar atau hanya mitos saja.

1. Spotting

Munculnya bercak darah dari vagina atau spotting memang sudah lama dikenal sebagai salah satu tanda awal kehamilan. Gejala ini muncul karena embrio menempel pada dinding rahim. Hanya saja, berdasarkan American Pregnancy Association (APA), spotting sebenarnya baru akan terjadi dalam 6-12 hari pasca konsepsi, dan tak sedikit ibu hamil yang bahkan tidak memiliki tanda kehamilan ini.


Justru spotting sesaat setelah hubungan intim malah bisa jadi pertanda masalah kesehatan. Misalnya vagina kering, infeksi penyakit menular seksual, atau bahkan dalam kondisi khusus menjadi gejala kanker. Oleh karena itu, spotting belum tentu adalah tanda hamil 1 hari.

2. Mual

Tak sedikit wanita yang mengeluh mual atau morning sickness setelah hubungan seksual, dan menganggapnya sebagai tanda kehamilan. Meskipun mual sering kali jadi tanda kedua pada awal kehamilan, APA menegaskan kalau gejala ini justru umumnya baru muncul 2-8 minggu pasca konsepsi. Jadi, mual bukanlah salah satu dari tanda-tanda hamil 1 hari. Mual tanda kehamilan sendiri dipicu oleh peningkatan hCG alias hormon kehamilan di dalam tubuh seorang wanita.

3. Keputihan

Di samping itu, adanya perubahan tekstur atau peningkatan jumlah keputihan setelah hubungan seksual pun sering dikaitkan dengan tanda kehamilan 1 hari. Padahal, peristiwa ini sebenarnya bersifat umum atau alami, lantaran keluarnya cairan vagina pada saat hubungan seksual pun mendorong produksi keputihan. Jadi, lumrah bagi wanita yang mengalami keputihan dengan tekstur lebih kental serta warna bening atau lebih putih. Tapi, lain cerita kalau keputihan berbau amis atau busuk, yang merupakan tanda adanya infeksi bakteri atau ragi (yeast) pada vagina.

Tanda awal kehamilan

Berikut ini adalah sederet tanda-tanda kehamilan yang sering dikaitkan dengan tanda-tanda hamil 1 hari, padahal bukan. Sebab, berbagai gejala berikut ini pasti akan terjadi setelah beberapa hari atau minggu, tapi yang jelas tidak akan langsung terasa sehari setelah Anda berhubungan intim dengan pasangan.

Tanda-tanda yang dimaksud sebagai berikut:

• Terlambat datang bulan - meskipun kehamilan pasti menyebabkan telat datang bulan, belum tentu telat datang bulan adalah tanda kehamilan.
• Payudara jadi lebih sensitif dan besar.
• Buang air kecil lebih sering.
• Rentan merasa lelah dan mengantuk.

Tak hanya itu saja, tanda kehamilan masing-masing wanita pun bisa berbeda-beda. Meski begitu, apa yang selama ini dianggap sebagai tanda-tanda hamil 1 hari sebenarnya dapat terjadi kapan saja, terlebih jika tubuh Anda mengalami masalah keseimbangan hormon karena sakit, kurang tidur, stres, atau terlalu banyak berolahraga. Dengan begitu, cara paling pasti untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan atau periksakan diri langsung ke bidan maupun dokter kandungan. (PK)

Simak juga yuk Bunda 14 ciri hamil yang jarang disadari dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi