sign up SIGN UP search


kehamilan

Anemia pada Ibu Hamil, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Tim HaiBunda Selasa, 12 Jan 2021 10:35 WIB
Ilustrasi hamil sakit kepala atau stres Ilustrasi ibu hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez
Jakarta -

Pada saat seseorang sedang hamil pasti ada beberapa hal tak terduga yang terjadi. Salah satunya adalah anemia pada ibu hamil. Kondisi ini memang harus diperhatikan dengan lebih lagi. Tentunya agar terhindar dari terjadinya risiko komplikasi. Baca juga tanda-tanda hamil.

Gejala anemia ibu hamil

Terjadinya anemia pada ibu hamil bisa menyebabkan kurangnya kebutuhan sel darah. Jika hal ini terjadi maka kebutuhan oksigen yang akan diberikan kepada jaringan tubuh dan juga janin akan lebih terbatas. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan benar maka bisa menyebabkan risiko terjadinya sebuah komplikasi.

Perlu Bunda ketahui bahwa gejala terjadinya kondisi anemia ini memang kerap kali sama dengan gejala kehamilan pada umumnya. Tak jarang ketika kondisi anemia masih dalam kadar ringan tidak akan menimbulkan gejala apapun.


Akan tetapi seiring berjalannya waktu maka kondisi anemia akan menjadi semakin parah. Lantas apa gejala yang terjadi bila kondisi anemia sudah semakin parah ? Berikut merupakan gejala yang akan dialami.

1. Ibu hamil akan merasa cepat lelah dan tubuh akan terasa lebih lelah.

2. Warna kulit yang dimiliki oleh ibu hamil akan lebih pucat dari biasanya.

3. Kondisi denyut jantung pada penderita anemia akan menjadi tidak menentu.

4. Sesak napas juga akan dialami oleh ibu hamil yang mengalami kondisi anemia.

5. Pada bagian dada akan terasa nyeri dan diiringi dengan sakit kepala.

Jika poin di atas menjelaskan berbagai gejala yang sering terjadi pada penderita anemia ketika hamil. Maka penjelasan berikutnya adalah beberapa gejala yang jarang terjadi.

1. Gatal pada bagian tubuh.

2. Indra perasa akan sedikit memiliki perubahan.

3. Semakin lama rambut akan semakin rontok.

4. Keadaan telinga akan lebih sering bordering.

5. Sariawan pada bagian sisi mulut.

Jika beberapa gejala di atas masih membuat anda tidak begitu percaya. Maka Bunda bisa melakukan tes darah untuk melihat diagnosis yang terjadi. Kebanyakan penderita anemia ketika hamil akan mengalami kadar hb yang dalam posisi rendah.

Cara mengatasi anemia ketika hamil

Kondisi anemia yang terjadi pada ibu hamil masih bisa diatasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Bunda lakukan ketika terkena kondisi anemia.

1. Karena setidaknya seorang ibu hamil harus memiliki paling tidak 27 ml zat besi. Maka jika Bunda mengalami gangguan anemia, sesegera mungkin mengonsumsi suplemen penambah zat besi.

2. Hal kedua yang bisa Bunda lakukan adalah mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung zat besi. Beberapa makanan yang kaya akan zat besi seperti ikan, daging merah, ayam adalah beberapa di antaranya.

3. Bunda juga harus mengonsumsi vitamin c yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini dikarenakan agar bisa membantu kondisi tubuh ketika proses penyerapan zat besi.

Jika Bunda menerapkan beberapa cara mengatasi anemia pada ibu hamil seperti yang telah dijelaskan di atas. Maka kemungkinan anemia yang Bunda alami bisa teratasi.

Simak juga yuk Bunda ciri hamil dilihat dari perubahan kulit dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi