sign up SIGN UP search


kehamilan

Makin Dekat Hari Persalinan? Ini 8 Tips Agar Cepat Kontraksi Asli, Bunda

Kinan Senin, 25 Jan 2021 16:54 WIB
Ilustrasi hamil sakit kepala atau stres caption

Menjelang hari perkiraan persalinan, ada beberapa tips agar cepat kontraksi asli yang bisa Bunda lakukan. Agar lebih aman, lakukan tips-tips ini sesuai arahan dokter, ya.

Dikutip dari Healthlinekontraksi asli terjadi ketika tubuh Bunda melepaskan hormon oksitosin, yang merangsang rahim untuk mengencang. Nah, kontraksi atau pengencangan ini adalah sinyal bahwa tubuh bersiap untuk melahirkan.

Bagi sebagian besar wanita, kontraksi asli dimulai sekitar minggu ke-40, walaupun ada juga yang merasakannya di usia kehamilan 38-39 minggu. Kontraksi asli pada usia kehamilan di bawah 37 dikatakan sebagai persalinan prematur.


Saat terjadi kontraksi asli, bagian atas rahim mengencang untuk mendorong bayi menuju jalan lahir. Proses ini juga menipiskan leher rahim guna membantu bayi dilahirkan.

Sensasi kontraksi asli sering kali digambarkan sebagai gelombang. Rasa sakit dimulai dengan perlahan, kemudian meningkat sampai memuncak, lalu mereda lagi. Jika Bunda menyentuh perut saat kontraksi, biasanya akan teraba keras. Kontraksi asli menjadi lebih intens dan menyakitkan seiring waktu.

Berikut 8 tips agar cepat kontraksi asli yang bisa Bunda lakukan di rumah:

1. Aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik bisa jadi salah satu cara untuk mempercepat datangnya kontraksi asli. Tak perlu olahraga berat, cukup dengan jalan cepat atau naik turun tangga, Bunda.

Pergerakan dan gravitasi diyakini dapat membantu bayi bergerak lebih mudah menuju jalan lahir. Tekanan yang muncul juga akan membantu serviks melebar.

Agar lebih maksimal dan nyaman, jangan lupa gunakan alas kaki yang memiliki sol empuk dan ukurannya pas, ya.

2. Hubungan seks

Ada beberapa alasan mengapa hubungan seks dianggap bisa jadi salah satu tips agar cepat kontraksi asli. Salah satunya bahwa orgasme membantu pelepasan hormon oksitosin, yang dapat 'memancing' kontraksi.

Proses ejakulasi di dalam vagina juga diketahui membantu karena adanya hormon prostaglandin di dalam sperma yang bisa mematangkan serviks. Seks aman dilakukan pada pekan terakhir kehamilan, tapi hanya ketika ketuban belum pecah ya, Bunda.

3. Stimulasi puting

Stimulasi puting diketahui dapat memicu pengencangan rahim dan mempercepat datangnya kontraksi asli. Ini karena stimulasi pada puting meningkatkan produksi oksitosin, yang juga berperan dalam pengencangan rahim.

4. Minyak jarak

Minum minyak jarak atau castor oil dipercaya dapat memancing kontraksi asli. Caranya, cukup dengan minum sekitar 30-60 ml minyak jarak. Ini dapat menstimulasi pengeluaran prostaglandin dan mempercepat datangnya kontraksi.

Supaya lebih aman, konsultasikan dulu tentang konsumsi minyak jarak ke dokter kandungan Bunda, ya.

5. Kurma

Penelitian yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine menyebutkan bahwa makan kurma dalam periode akhir kehamilan dapat mempercepat datangnya kontraksi asli. Untuk mendapatkan manfaat ini, konsumsi kurma secukupnya saja.

6. Makan makanan pedas

Makanan pedas juga dipercaya bisa jadi salah satu pemicu kontraksi asli. Diyakini makanan pedas bisa membantu pelepasan hormon prostaglandin saat dicerna tubuh. Namun demikian, hindari berlebihan konsumsi makanan pedas karena juga bisa menimbulkan masalah pencernaan seperti diare.

7. Teh daun raspberry merah

Salah satu metode populer lainnya untuk memicu kontraksi asli yaitu minum teh daun raspberry merah. Disebut-sebut teh herbal ini dapat mengencangkan rahim. Bahan herbal lain yang bisa digunakan yakni evening primrose oil. Meski mungkin tak langsung memicu kontraksi, bahan ini dapat membantu melunakkan serviks.

Supaya lebih aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan Bunda, jangan lupa diskusikan dahulu dengan dokter, ya.

8. Pijat

Dilansir What to Expect, beberapa studi menunjukkan bahwa massage atau pijatan dapat meningkatkan level oksitosin, hormon yang berkaitan dengan kontraksi asli. Tapi untuk prosedur ini Bunda harus menemukan terapis yang benar-benar berpengalaman.

Penting juga untuk Bunda mendapatkan persetujuan dari dokter sebelum melakukannya.

Selain pijat, meditasi dan bahkan sekadar cuddling dengan suami juga bisa membuat rileks, yang juga meningkatkan pelepasan hormon oksitosin.

Cara agar cepat kontraksi asli di rumah sakit

Ketika Bunda sudah berada di rumah sakit, biasanya untuk memancing kontraksi asli dokter akan meminta Bunda berjalan-jalan dulu. Penggunaan gym ball dibantu oleh bidan atau perawat juga bisa dilakukan.

Dikutip dari Web MD, apabila semua cara alami sudah dilakukan dan kontraksi asli tak kunjung datang, penggunaan induksi bisa dipertimbangkan. Salah satunya dengan konsumsi pil prostaglandin atau dimasukkan ke vagina.

Induksi lain juga bisa digunakan dengan penggunaan obat cair oksitosin buatan manusia, yang dapat menstimulasi kontraksi rahim. Tapi komponen ini hanya boleh diberikan setelah serviks terbuka dan siap untuk melahirkan. Penggunaannya pun tak boleh sembarangan dan hanya dengan resep dokter melalui berbagai pertimbangan.

Demikian informasi tentang tips agar cepat kontraksi asli. Ingat ya Bunda, apabila cara-cara alami di atas tak kunjung memicu kontraksi jelang perkiraan persalinan, jangan tunda untuk segera konsultasi ke dokter.

Simak juga Bunda persiapan dan tips melahirkan normal dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi