sign up SIGN UP search

kehamilan

Cara Membersihkan Puting Payudara Buat Ibu Hamil, Wajib Tahu Nih Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 31 Jan 2021 07:00 WIB
Shot of a pregnant woman looking out the window at home caption

Kebersihan payudara menjadi hal penting yang perlu dilakukan ibu hamil. Khususnya bagian puting payudara, area ini menjadi titik krusial yang perlu dijaga kebersihannya selama kehamilan ya, Bunda.

Selama kehamilan, payudara dan areola wanita sedianya mengalami banyak perubahan. Sehingga, Bunda pun butuh lebih banyak waktu untuk merawat payudara. Apalagi, payudara memegang peranan penting untuk menunjang tumbuh kembang bayi ketika sudah dilahirkan.

Perlu Bunda tahu, payudara saat hamil mulai berubah ukuran dan komposisinya untuk memasok ASI bagi bayi. Jaringan payudara pun bersifat dinamis sehingga payudara akan menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal. 


Hormon seperti estrogen dan progesteron meningkat di dalam tubuh di mana pada gilirannya menyebabkan perubahan fisiologis pada payudara. Bunda pun akan merasakan perubahan pada payudara yang menjadi lebih lembut dan seperti mengalami sensasi kesemutan di dalamnya.

Bahkan, terkadang payudara juga dapat terasa seperti sensasi terbakar serta ukurannya bertambah dan mulai terasa lebih berat. Kulit di payudara juga akan meregang selama kehamilan di mana dapat menyebabkan rasa gatal di area tersebut. Hal ini pun akan menyebabkan kemunculan stretch mark yang mulai menonjol.

Khususnya pada bagian puting, area ini juga akan menjadi sangat sensitif. Bagian ini akan mengembangkan hipersensitivitas terhadap kondisi panas atau dingin, seperti dikutip dari laman Boldsky.

Selain itu, puting dan areola juga menjadi lebih gelap bahkan ukurannya juga menjadi lebih lebar serta akan lebih banyak bertumbuh rambut di sekitar area puting selama kehamilan.

Dengan segala perubahan tersebut, tentu saja Bunda perlu melakukan penyesuaian serta perawatan ekstra selama kehamilan pada area sensitif tersebut. Seperti dikatakan Dr. Rima Sonpal, seorang Gynaecologist seperti dikutip dari laman Parenting First Cry.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga beberapa penyebab puting payudara gatal dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner para mualaf

Cara membersihkan puting payudara buat ibu hamil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi