sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Puting Payudara Ibu Menyusui Sakit Bila Tersentuh

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 21 Feb 2021 16:19 WIB
Tired mother holding her newborn child at home after tying to pump. Ilustrasi menyusui/ Foto: iStock

Permasalahan payudara pada ibu menyusui memang beragam. Tidak saja nyeri, tetapi juga para busui juga kerap merasakan puting payudara sakit bila tersentuh.

Mengulik dari kasus tersebut, memang ada banyak penyebab yang ada di baliknya. Beberapa hal sederhana yang dapat menjadi penyebabnya yakni adanya alergi terhadap detergen pakaian atau bra yang tidak pas ketika dikenakan. Selain itu, puting payudara sakit bila tersentuh juga dapat dikarenakan adanya infeksi dan juga gangguan kesehatan lainnya. 

Ya, puting memang dapat terinfeksi dan hal ini merupakan gangguan yang wajar tetapi perlu diwaspadai. "Ada pori-pori besar dan folikel rambut di sekitar puting yang bisa tersumbat dan terinfeksi seperti di area ketiak atau kemaluan," ujar Jena Sassie, MD, dokter kandungan di Women Healthcare Associates di Houston, seperti dikutip Womenshealthmag.


Salah satu jenis infeksi yang mungkin sering menghampiri yakni infeksi jamur pada puting susu. Ini biasanya terjadi di bawah payudara di mana tempat keringat terkumpul. Tetapi, karena jamur tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan gelap, maka gunakanlah bra yang nyaman dan terbuat dari bahan yang membuatnya mudah bernapas, juga ganti secara teratur agar terhindari dari risiko infeksi. Ibu menyusui wajib memperhatikan kebersihan payudara guna kelancaran proses menyusui.

Banner Resep Telur

Selain pada masalah ibu menyusui, inilah beberapa faktor lain yang menyebabkan puting payudara sakit bila tersentuh, seperti dikutip dari laman Medical News Today:

1. Gesekan

Puting payudara bisa terasa nyeri karena gesekan dengan pakaian terutama selama aktivitas olahraga. Gesekan merupakan alasan paling umum yang menyebabkan puting terasa sakit. Gesekan dapat terjadi jika puting bergesekan dengan kemeja atau bra yang tidak pas selama aktivitas. Karenanya, pastikan ketika berolahraga, Bunda mengenakan bra dan baju yang nyaman sehingga area vital seperti puting payudara tidak terinfeksi dan menyebabkan nyeri ketika tersentuh.

Klik di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak tips mencegah mastitis melalui video berikut yuk Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]

PENYEBAB PUTING PAYUDARA SAKIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi